Sukses

Beauty

5 Cara Lain Atasi Mata Panda, Selain dengan Eye Cream

Jakarta Lingkaran hitam yang muncul di area kulit bawah mata memiiki banyak penyebab. Mungkin, untuk alasan faktor genetik memang tidak dapat dihindari. Lalu bagaimana dengan kita yang tidak memiliki alasan keturunan genetik, namun lingkaran hitam tetap muncul. Padahal, pola hidup sehat sudah diterapkan, seperti tidur tepat waktu, mengonsumsi air putih yang cukup dalam sehari, mengonsumsi buah-buah dan sayuran yang bermanfaat untuk menyehatkan mata, plus tambahan skincare seperti eye cream yang mampu memaksimalkannya sudah diterapkan.

Ada penyebab lainnya, yang mungkin kurang kita sadari. Ya, misalnya aktivitas di depan layar komputer yang terlalu lama. Berlama-lama menatap layar komputer terkadang masih kita lakukan di luar dari jam kerja. Entah itu untuk membaca artikel-artikel menarik, mengunjungi website yang menambah wawasan, mendengarkan musik, melakukan streaming film favorit, atau belanja online.

Kebiasan ini bisa mengakibatkan aliran darah dan kelenjar limpatik di area kulit bawah mata tidak lancar. Sehingga cairan di area mata mengumpul dan membuat mata terlihat sembab. Akhirnya, muncul lah garis halus di seputar kulit dan perlahan warnanya menjadi gelap, menyerupai mata panda. Alhasil, kita akan mengeluh jika skincare yang digunakan tidak mampu bekerja dengan baik. Apakah kamu turut mengalami hal seperti ini?

Well, jika eye cream masih belum mampu menyelesaikan mata panda yang menganggu penampilan tersebut, coba tambahkan 5 ritual kecantikan rekomendasi FIMELA di bawah ini.

Skincare is a Must!

Walaupun skincare (eye cream) masih belum memberi hasil maksimal, aplikasi eye cream tetap dibutuhkan oleh kulit mata. Untuk meminimalisir timbulnya garis halus, gunakan eye cream yang memiliki formula SPF 30 UVA + UVB.

Face Mask atau eye mask?

Sama seperti wajah, kulit area mata pun membutuhakan rileksasi. Gunakan masker 2x seminggu. Pilihlah masker yang mengandung vitamin A dan E. Kedua vitamin ini bermanfaat untuk merangsang tumbuhnya kolagen alami pada kulit mata. Hasilnya, kulit mata akan terasa kenyal dan warna hitam perlahan tersamarkan.

Eye Patch

Selain masker, kita juga bisa menggunakan eye patch. Bentuknya seperti masker, namun khusus untuk merawat kulit area mata. Serum yang terkandung di dalamnya berfungsi untuk melawan dehidrasi kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan melancarkan sistem limpatik di area kulit mata.

Serum + Eye Cream

Serum yang biasa digunakan untuk wajah, juga bisa diaplikasikan di area kulit mata lho. Aplikasikan serum setelah menggunakan eye cream. Namun, jika eye cream yang digunakan mengandung SPF, beauty influencer Chriselle Lim menyarankan, gunakan eye cream terlebih dulu, lalu gunakan serum. 

Traditional Treatment

Merawat kecantikan mata dengan cara tradisional tidak ada salahnya juga lho. Lakukan ini setelah bangun tidur. Sebelum mandi, kompres bawah mata menggunakan dua buah sendok yang sudah didinginkan di dalam lemari es. Agar sendok tetap dalam keadaan bersih, bungkus sendok menggunakan kantong plastik atau ditaruh dalam wadah seperti lunch box. Setelah sendok dalam keadaan dingin, letakkan di area mata, diamkan selama 5 menit atau sampai suhu dingin sudah menghilang. Selanjutnya, bersihkan mata menggunakan kapas atau handuk lembut yang sudah direndam air dingin, kompres selama 1 menit, dan keringkan. Terakhir, oleskan eye cream dan serum.

 

Selamat mencoba dan semoga mampu menjawab keluhanmu ya!

PLAYLIST VIDEO 27 JULI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Fenomena Astenopia di Tengah Pandemi, Lengkap Beserta Gejala dan Penyebabnya
Artikel Selanjutnya
Diary Fimela: Produk Fashion Bertema Budaya Betawi Makin Laris Saat Pandemi