Sukses

Beauty

7 Keuntungan Eksfoliasi Yang Belum Banyak Orang Ketahui

Jakarta Kegiatan rutin perawatan wajah mingguan, yang wajib dilakukan untuk menjaga kulit tetap sehat adalah eksfoliasi.  Ini berfungsi untuk membantu merangsang regenerasi sel kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Ada beberapa macam exfoliator yang disediakan oleh merek kecantikan seperti: Exfoliating toner, Exfoliator pads atau exfoliator scrub. Kita bisa memilih sesuai kebutuhan dan dipakai 1-2 minggu sekali. Terutama bagi perempuan yang sehari-harinya sering memakai makeup, eksfoliasi ini wajib agar kulit bersih, kenyal dan memperlambat penuaan dini.

Menurut para ahli skincare, eksfoliasi tak hanya sebatas mengangkat sel kulit mati saja tetapi juga memiliki benefits lainnya untuk kesehatan kulit. Berikut ini tujuh fungsi lain dari eksfoliasi:

  1.  Membuka Pori-pori

Ketika kita melakukan eksfoliasi wajah, secara tak langsung membuka pori-pori secara efektif. Menurut Lily Talakoub, MD, of McLean Dermatology dan Skincare Center. Membersihkan kulit mati dan kulit kering, saat eksfoliasi secara otomatis menghentikan masuknya kotoran penyebab munculnya whiteheads dan blackheads. Jadi, untuk mencegah tumbuhnya komedo lakukan eksfoliasi secara rutin sebelum muncul ke permukaan wajah. “Dead skin seals the pores, so when sebaceous glands produce oil, it's 'stuck' under the dry skin. This causes breakouts because there is nowhere for the oil to go," jelas, Sonya Dakar seorang celebrity esthetician and skin expert.

 

  1.  Mencegah Jerawat

Selain mencegah tumbuhnya komedo, eksfoliasi juga bermanfaat untuk mencegah datangnya jerawat. Ahli dermatologis Michelle Henry, menyarankan untuk menggunakan exfoliator guna mencegah jerawat. Namun perlu diingat pilih exfoliator yang aman dan tidak membuat iritasi kulit, jangan menggosok kulit secara keras saat melakukan eksfoliasi. Karena jika penggunaannya berlebihan, malah menimbulkan banyak masalah baru seperti kulit semakin kering dan timbul iritasi kemerahan bahkan luka pada kulit. Pilih chemical exfoliator seperti exfoliating toner 1-2x dalam satu minggu, karena tidak semua kulit cocok memakai exfoliator dengan bahan scrub.  

 

  1.  Membantu Kinerja Skincare Lain Lebih Menyerap

Mengingat setelah eksfoliasi pori-pori terbuka dan permukaan kulit menjadi lebih halus, ketika kita apply produk skincare lain akan lebih mudah menyerap lebih dalam. Ini berarti skincareakan bekerja lebih maksimal, contohnya: serum atau pelembap mampu menembus kulit lebih dalam. Itulah mengapa  exfoliating wajib masuk ke dalam skincare routine-mu, Dakar menambahkan “Dead skin basically becomes a barrier between your skin and serums. By removing it you allow everything to work much better."

 

  1.  Meratakan Warna Kulit

Memiliki masalah kulit belang setelah berlibur ke pantai atau akibat hyperpigmentasi yang mengganggu penampilan? Dengan rutin melalukan eksfoliasi warna kulit akan kembali merata dan terlihat lebih sehat. Bekas jerawat pun bisa tersamarkan, jika dibarengi dengan eksfoliasi dan tambahkan serum vit. C untuk mencerahkan wajah.

Baca juga: Kulit Bibir Berbeda dari Kulit Wajah, Ini Penyebabnya

Seperti Chelsea Islan, Poni Samping Buat Tampilan Wajah Terlihat Polos

 

  1.  Meningkatkan Sirkulasi dan stimulasi drainase limfatik

Manfaat lain dari eksfoliasi yaitu melancarkan sirkulasi darah dan memberikan stimulasi drainase limfatik. Untuk membersihkan kulit dari dalam, seperti darah yang kaya akan oksigen untuk menyehatkan permukaan kulit. Selain itu juga, bekerja untuk detoks kulit yang menghilangkan racun dan sisa-sisa kotoran lainnya. Kemudian, meningkatkan kesehatan sel untuk agar kulit bersinar dan bercahaya

  1.  Meningkatkan pergantian sel lebih cepat

Jika kulit rutin di-eksfoliasi, maka regenerasi sel akan lebih cepat. Ini membuat kulit terlihat lebih bersinar, karena kulit tetap segar, sel-sel di permukaan wajah sehat dan mengusir sel kulit mati. Wajah akan terasa lembut seperti kulit bayi, Talakoub merekomendasikan exfoliator yang mengandung retinol. Karena dapat meningkatkan pergantian sel dan membantu lapisan luar kulit terkelupas. "Once a week, I recommend using something with a scrub texture or glycolic acid like the Cane + Austin 10% Glycolic Pad for the face and 20% for the body."

  1.  Merangsang Kolagen

The last one! Keuntungan eksfoliasi rutin membantu merangsang sintesa kolagen untuk memperbaiki tekstur kulit, integritas, dan menjaga kulit tampak plumpy, kencang, dan muda. Eksfoliasi benar-benar menawarkan manfaat anti-penuaan, That's why begitu banyak merek skincare yang mengklaim bisa  membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan keriput, para ahli merekomendasikan untuk memilih exfoliating toner untuk mencegah penuaan dini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading