Sukses

Beauty

Jangan panik, ini 6 alasan kulit bereaksi negatif secara tiba-tiba

Fimela.com, Jakarta Sama halnya dengan rambut, kulit juga sewaktu-waktu bisa memiliki waktu buruknya. Kulit yang tidak sehat tentu mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri, benar?

Sekarang tidak perlu bingung jika tiba-tiba kulit bereaksi negatif, bisa jadi beberapa hal di bawah ini adalah alasannya, seperti dilansir dari newbeauty.com, Jumat (19/10/2018). Penasaran apa saja?

1. Produk yang digunakan terlalu keras

Alasan paling umum yang bisa menyebabkan kulit bereaksi negatif secara tiba-tiba adalah penggunaan produk yang terlalu keras. Untuk kulit kering yang mudah iritasi, gunakan produk pembersih yang berbusa dan carilah yang mengandung emolien sangat lembut.

2. Terlalu stres

Sangat umum jika seseorang memiliki masalah kulit saat stres. Cara terbaik mengatasi masalah ini adalah dengan dosis kecil steroid yang disuntikkan langsung pada jerawat.

3. Perubahan musim

Kulit yang terlalu kering dan perubahan musim, serta cuaca adalah salah satu keluhan paling umum, sering mengalaminya juga? Kulit kering terkadang bisa meradang, memperburuk jerawat dan eksim.

Solusinya sederhana, tingkatkan penggunaan pelembap, terutama produk yang mengandung hyaluronic acid. Serum hyaluronic acid memiliki kandungan kelembapan yang bisa meresap dengan sangat cepat ke dalam kulit dan membalikkan peradangan, serta memberikan tampilan kulit yang lebih bersinar, serta lembut.

 

Diet dan jadwal tidur yanng buruk

4. Diet dan jadwal tidur yang buruk

Stres bukan satu-satunya yang bisa mempengaruhi hormon, begitu juga dengan diet dan jadwal tidur yang buruk. Hormon stres bisa meningkat ketika stres, tidur tidak nyenyak, dan diet yang buruk.

Peningkatan hormon stres bisa menyebabkan peradangan di seluruh tubuh, termasuk di kulit. Untuk mengurangi masalah ini, cobalah berolahraga secara rutin, tidur tepat waktu, dan melakukan meditasi.

5. Menggunakan produk baru yang tidak cocok

Penggunaan produk baru juga bisa menjadi alasan dari kulit yang tiba-tiba bereaksi negatif. Ingatlah bahwa produk yang bisa bekerja dengan baik di kulit orang lain, mungkin tidak bereaksi yang sama di kulit diri sendiri, karena setiap orang memiliki susunan genetik yang berbeda.

Untuk menghindari reaksi negatif dari produk baru, aplikasikan terlebih dahulu di area tertentu, jangan langsung menggunakannya di seluruh area kulit. Jika kerusakan sudah terjadi, maka tercepat untuk mengatasi pori-pori tersumbat adalah dengan pengelupasan kimia.

6. Keringat bercampur dengan produk perawatan kulit

Jika jerawat muncul di wajah, dada, atau punggung bisa jadi berhubungan dengan keringat. Keringat dapat bercampur dengan bahan-bahan makeup atau produk perawatan kulit yang menyebabkan penumpukan di pori-pori, kemudian menimbulkan jerawat.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Fungal Acne: Bagaimana Cara Mengenali dan Mengatasinya
Artikel Selanjutnya
Cerita Ayla Dimitri Keluar dari Masalah Jerawat di Awal Umur 30 Tahun