Sukses

Beauty

Kulit wajah kering? Hindari kandungan pembersih wajah ini

Fimela.com, Jakarta Untuk seseorang yang memiliki kulit kombinasi; normal kombinasi, mungkin pernah mengalami dilema menggunakan pembersih wajah. Menyebalkan? Pasti! Pasalnya, memiliki tipe kulit seperti ini, menemukan skincare yang nyaman dan tepat untuk kebutuhan kulit,--sangat sulit. Beberapa diantara kita mungkin ada yang memiliki pengalaman "trial error" mencoba segala pembersih wajah, dari best product kategori rekomendasi influnser ternama, sampai produk yang sudah mendapatkan "award", tapi tetap saja kurang sesuai untuk kulit.

Nah, dari pengalaman tim beauty FIMELA yang pernah mengalami dilema menemukan pembersih wajah ini, kunci masalahnya ada pada "kandungan di dalam produk ternyata kurang baik untuk kesehatan kulit". Jika tekstur pembersih wajah yang kita gunakan sudah sesuai dengan tipe kulit, selanjutnya coba perhatikan tiap kandungan yang ada di dalam produk. Untuk kulit kering, ada beberapa kandungan skincare yang kurang baik untuk kesehatan kulit kita. 

Sederhananya, sabun pembersih memang dapat berperan baik membersihkan wajah. Dari mengangkat sisa makeup sampai debu yang menempel. Namun, untuk menjaga kesehatan kulit, jenis kandungan ini tidak direkomendasikan digunakan untuk kulit kering. Apa saja? 

 

Sodium Laureth Sulfate (SLS)

Sodium Laureth Sulfate, atau ramah disebut detergen. Jika kandungan pembersih wajah ini digunakan oleh pemilik kulit kering, efek yang biasa ditimbulkan adalah: kulit terasa ketat seperti ditarik, membuat kulit terasa lebih kering. Bahkan, buruknya dapat membuat kulit iritasi, dan kulit terkelupas. 

Beragam Jenis Asam (acid): Asam Salisilat dan Asam Glikolat

Untuk kulit berminyak, kedua asam ini tentu sangat dibutuhkan untuk meminimalisir produksi sebum (minyak) di wajah. Tapi, untuk kulit kering tentu tidak direkomendasikan. Zat asam ini akan menyerap sebum yang justru dibutuhkan oleh kulit kering. 

Alkohol & pewangi

Kulit kering, pun mudah mengalami iritasi. Jika ingin menggunakan pembersih yang mengandung aroma segar, lebih baik gunakan skincare berlabel natural atau organik. Sumber pewangi biasa di dapat dari bahan-bahan baku dari tumbuhan atau essential oil yang telah disesuaikan untuk menjaga dan merawat kulit kering kita. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading