Sukses

Beauty

Bahaya Pakai Krim Atau Lotion Anti Nyamuk

Pakar epidemologi Universitas Indonesia, dr Tri Y Wahyono, mengimbau masyarakat berhati-hati menggunakan krim antinyamuk untuk mencegah penularan demam berdarah dengue, karena penggunaan dalam jangka panjang akan berakibat pada kesehatan kulit.

"Apabila ditinjau dari produk kimia, semacam krim seperti itu jika dipakai secara terus-menerus akan menimbulkan iritasi kulit," katanya usai konferensi pers dan diskusi yang bertajuk "Langkah Pencegahan Demam Berdarah Paling Efektif", di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Jakarta, Rabu.

Dia menilai bukan hanya kulit yang akan mengalami iritasi, tetapi juga nyamuk akan resisten terhadap kandungan senyawa yang dipakai untuk mengusir mereka.

"Ada dua kemungkinan kalau kita menggunakan krim itu ataupun racun semprot anti nyamuk, yaitu kita yang terkena penyakit iritasi tapi nyamuknya resisten atau tambah kebal terhadap bahan itu," katanya.

Dia menyarankan agar masyarakat membaca aturan pakai sebelum menggunakan krim atau senyawa kimia antinyamuk semprot tersebut.

"Ini juga harus menjadi perhatian pemerintah, yakni pengawasan karena sebagian besar masyarakat pengguna krim anti nyamuk itu masyarakat menengah ke bawah," katanya. [initial]

BACA JUGA:

Mencegah Serangan Flu Dengan Yogurt

7 Rasa Sakit Yang Tidak Boleh Anda Remehkan

5 Makanan Enak Yang Bikin Gemuk

7 Jenis Alas Kaki Yang Bikin Sakit

5 Hal Yang Bisa Diketahui Lewat Air Seni

10 Makanan Sehat Yang Ternyata Menyimpan Bahaya

(vem/bee/ant)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading