Sukses

Beauty

Cara Sehat Memetik Manfaat Jahe

Ada beragam manfaat jahe untuk kesehatan. Mulai dari mengatasi mual, kram akibat menstruasi, membersihkan usus dan mencegah kanker usus. Rasa jahe ini apabila dikonsumsi sangat hangat dan menyumbangkan energi. Menjadi obat tradisional terbaik saat sakit perut, mual atau sehabis muntah.

Mengandung antioksidan tinggi serta bahan anti peradangan yang disarankan dikonsumsi baik oleh pria maupun wanita.

Bagaimana cara memetik manfaat kesehatan dari jahe ini? Yuk intip tipsnya.

Teh Jahe

Teh yang satu ini rasanya lebih nikmat dan menghangatkan tubuh serta mencegah dan mengobati masuk angin. Caranya adalah, seduh potongan jahe yang telah digeprek di dalam panci kemudian tambahkan teh dan masak hingga sekali mendidih. Tuangkan pada cangkir atau mug dan boleh ditambahkan madu serta jeruk nipis atau lemon.

Dinikmati selagi hangat jauh lebih nikmat.

Salad dressing

Boleh dicampurkan serutan tipis jahe di atas salad dan dicampur dengan minyak zaitun. Aromanya lebih wangi serta lebih sehat ketimbang Anda memakai mayonaise atau thousand island.

Aroma untuk kue

Campurkan bubuk jahe pada adonan kue kering, bentuk seperti yang Anda suka kemudian baru dipanggang. Aroma jahenya akan lebih sedap serta terasa ketika dikonsumsi di lidah.

Taburan sup

Dan jahe juga bisa ditambahkan pada kuah sup sebagai salah satu bumbu utama. Fungsinya adalah memberikan aroma yang berbeda, sebagai obat untuk sakit tenggorokan dan menghangatkan. Jahe di sini juga baik untuk meredakan mual di perut Anda.

Acar jahe

Jahe juga biasanya diolah menjadi acar yang dapat dinikmati dengan sushi, nasi atau salad. Memberikan rasa yang khas dan istimewa serta membangkitkan energi.

Sirup jahe

Produk yang satu ini tidak terlalu banyak di pasaran, namun cara membuatnya sangat mudah. Ambil sarinya setelah diparut, masak bersama gula dan madu. Biarkan hingga mengental kemudian kemas di dalam botol.

Wedang jahe

Nah, kalau yang satu ini Anda tentu sudah familiar kan? Rebus jahe bersama gula merah, kemudian nikmati kuah hangat ini dengan taburan kacang sangrai. Ah... sedapnya.

Jahe bakar

Apabila Anda mengalami problem tenggorokan dan ingin agar suara kembali jernih, bakar jahe kemudian kunyah. Rasakan sarinya dan biarkan menjadi obat alami di tenggorokan. Suara akan kembali lebih jernih.

Ada berbagai cara kreatif memetik manfaat dari jahe. Mungkin Anda juga punya cara lainnya yang ingin dibagikan di sini. [initial]

BACA JUGA:

Ubi Cilembu, Umbi 'Ndeso' Yang Kaya Manfaat

5 Pengobatan Kesehatan Yang Aneh di Dunia

Dua Buah ini Ampuh Cegah Diabetes & Penyakit Jantung

Mentimun, Tanaman Rambat Yang Kaya Manfaat

Nutrisi Sehat Yang Terkandung Dalam Buah Nangka

Cara Membedakan Jamu Asli dan Jamu Palsu

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading