Sukses

Beauty

Bahayanya Kalau Anda Tidur Pakai Maskara

Maskara membuat bulu mata menjadi lentik, dan tampilan mata lebih segar. Dengan sedikit pulasan saja bulu mata juga tampak lebih lebat dan panjang.

Saat ini sudah banyak merk maskara yang dijual bebas di pasaran. Beragam merk dari lokal maupun internasional bersaing dengan kelebihan satu sama lain. Soal harga, disesuaikan juga dengan apa yang ditawarkan oleh brand-brand tersebut.

Sekalipun punya kelebihan, ternyata maskara juga punya kekurangan yang tampaknya sepele namun juga berbahaya.

Bahaya maskara ini dapat terlihat ketika Anda seringkali lupa atau malas membersihkan maskara dari bulu mata. Formula maskara akan menempel dan menjadi media yang menampung bakteri dengan efektif. Alhasil, area kulit kelopak mata umumnya mudah gatal serta kering. Tak jarang, seperti muncul jamur keputihan yang membuat kulit kelopak kering, muncul benjolan dan seperti purging.

Hal tersebut juga ternyata terjadi ketika Anda kurang maksimal saat membersihkan sisa maskara. Anda mungkin tak sadar kalau sering ada sisa maskara yang masih menempel dan Anda bawa tidur.

Bahayanya lagi kalau formula tersebut masuk ke dalam mata. Ia akan menyebabkan infeksi dan peradangan yang bisa berbahaya bagi mata.

Kuncinya ada pada makeup remover

Untuk mencegah bahaya tersebut mengancam Anda, maka ada dua hal yang bisa dilakukan.

Yang pertama

Pilih produk makeup remover yang memang efektif dan berkualitas, sehingga mampu membersihkan sisa makeup dan maskara dengan maksimal.

Yang kedua

Pakai kapas untuk membersihkan sisa makeup dengan pulasan perlahan dan lembut namun menjangkau keseluruhan bagian. Sehingga tidak ada tersisa sisa makeup maupun maskara di mata.

"Saat ini, makeup remover jauh lebih penting seiring dengan bertambahnya usia," ungkap Sandy Linter seperti dikutip dari Shine. Sebagai seleb makeup artist, ia juga mengatakan bahwa makeup remover adalah kunci menjaga kecantikan serta mencegah bahaya makeup pada kulit, khususnya mata.

Hindari memilih makeup remover yang terlalu berat, beralkohol atau terlalu berminyak. Alkohol dapat membuat kulit di sekitar mata terlalu kering sehingga mudah iritasi. Dan apabila terlalu berminyak, tidak ada jaminan bahwa makeup akan terangkat sempurna.

Memakai makeup remover dengan tepat ikuti cara ini:

  • Aplikasikan produk pada kapas hingga setengah basah
  • Tempelkan pada bagian mata, kemudian biarkan sekitar 3-5 detik sebelum memulasnya

Membersihkan sisa makeup harus lembut dan tidak boleh kasar. Tekan sedikit kapas sehingga dapat mengangkat semua sisa makeup dengan efektif.

Sudahkah Anda membersihkan sisa makeup dan maskara sebelum tidur? [initial]

BACA JUGA:

7 Tips Tetap Cantik Tanpa Pakai Makeup

Bahan Berbahaya Ditemukan Lagi Dalam Lipstik

Ribuan Kosmetik Impor Mengandung Merkuri dan Bahan Berbahaya

Bahaya Memakai Bulu Mata Palsu

Inilah Alasan Kanebo Tarik Produknya

Gara-Gara Obat Jerawat, Wanita Ini Tak Jadi Punya Anak

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading