Sukses

Beauty

5 Cara Mengendalikan Makan di Malam Hari

Ladies, diet apa yang sedang Anda jalani? OCD, Food Combining, Ayurveda atau yang lainnya? Apapun diet Anda, semuanya sehat. Namun pasti ada tantangannya.

Kebiasaan makan kita dari kecil membuat kita masih sering terpaku pada budaya makan 3 kali sehari, makan dengan nasi atau makan 4 sehat 5sempurna sekali makan. Namun tantangan yang paling berat dari setiap diet adalah godaan makan menjelang malam hari.

Waktu di mana mulut kita mulai ingin makan sesuatu biasanya pukul 9-10 pagi, antara jam sarapan dan makan siang. Selain itu pada sore hari, menjelang malam. Mengapa? karena tak semua orang langsung tidur tepat jam 9 atau 10 malam.

Semakin larut, semakin banyak kegiatan, semakin ingin makan. Nah, bagaimana ya supaya bisa mengendalikan nafsu makan di malam hari? Cobalah trik berikut ini.

(vem/gil)

Makan Berat di Jam Makan

Saat diet, biasanya space makan kita tidak sebesar ketika kita terbiasa makan banyak. Padahal mungkin jam makan kita terbatas. Nah, jangan khawatir, Anda bisa tetap makan cukup walau ada jam makan yang harus dipatuhi.

Agar tak mudah kekenyangan, makanlah bervariasi selama beberapa kali. Makanlah makanan yang berat di antara menu makanan Anda. Terutama mendekati sore hari, konsumsilah banyak serat dan buah yang mudah membuat Anda kenyang.

Cara ini bisa membantu Anda tetap merasa nyaman karena tak kekenyangan dan tak mudah lapar.

Ganti Gula Anda. It's A Drug!

Tahukah Anda apa yang membuat mulut ingin makan lagi dan lagi? It's a sugar. Gula adalah sumber makanan yang membuat otak kita ketagihan makan lagi dan lagi.

Bila Anda mau mengurangi kecenderungan ini, ganti gula Anda dengan pemanis yang lebih alami. Gunakan gula dari buah-buahan untuk menyuplai kebutuhan gula dalam tubuh Anda. Gula buah-buahan lebih aman dan tak membuat Anda mengalami penuaan dini lho.

Jauhkan Makanan Favorit Anda

Well, ini adalah salah satu tips yang old fashioned. Meski begitu, cara ini memang merupakan solusi agar nafsu makan Anda tak semakin menjadi-jadi.

Dibanding meletakkan makanan di sekitar Anda, sebaiknya alihkan fokus pada kegiatan yang lebih bisa membuat Anda membakar kalori. Misalnya melakukan pekerjaan, olahraga kecil, membuat handy crafts dan sebagainya.

Buat Dessert Sehat

Bila Anda tetap ingin makan, buatlah makanan yang sehat. Yang paling mudah adalah potongan buah yang disiram cokelat ataupun yoghurt.

Anda juga bisa makan buah-buahan ini begitu saja. Salah satu cemilan sehat adalah salad alpukat telur. Caranya cukup mudah lho, Ladies. Pilih alpukat yang bagus, letakkan dalam wadah.

Tambahkan 2 sdm yoghurt plain dan 1 butir telur rebus. Hancurkan dengan sendok, tak perlu sampai halus. Beri sedikit merica. Salad ini paling nikmat disantap sebagai toping roti. Tetap bisa makan dengan nyaman kan?

Atur Jam Makan Yang Memudahkan Aktivitas

Yang paling penting adalah mengatur jam makan dan apa yang dimakan. Percaya atau tidak, jam makan bisa mempengaruhi Anda, lho.

Jam makan siang, makanlah yang cukup. Makan sampai kenyang atau terlalu berat bisa membuat Anda ngantuk. Apalagi kalau Anda masih harus beraktivitas.

Jam makan yang ideal adalah menjelang makan siang, jam 11 sampai jam 4 sore. Pada saat itu, makanlah beberapa kali dengan menu yang bervariasi dan jumlah yang cukup. Maka, Anda tak akan mudah lapar di malam hari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading