Sukses

Beauty

7 Cara Bakteri Masuk ke Dalam Kosmetikmu

Anda mungkin tak menyadari bahwa banyak potensi dan kesempatan yang membuat bakteri mudah sekali mengontaminasi produk kosmetik yang Anda pakai. Belum kadaluarsa sih, tetapi kalau terkontaminasi bakteri, maka bisa saja makeup tersebut membahayakan kulit maupun kesehatan Anda.

Aktivitas bakteri dapat menyebabkan kemerahan, jerawat, dan bahkan infeksi pada kulit.

Nah, ketahui beberapa cara bakteri masuk ke dalam kosmetik berikut ini:

Pakai jar

Berbagi kosmetik di jar baru bisa berbahaya lho. Ada potensi si bakteri masuk ke dalam jar, sekalipun ia kemudian ditutup dengan cukup rapat, namun jar tidak diciptakan untuk memberikan perlindungan dari bakteri. Berbeda dengan kemasan aslinya.

TRIK:

Apabila Anda ingin mengurangi potensi penularan bakteri melalui jar, gunakan sendok kecil untuk mengambil krim/lotion dari dalamnya.

Pumping maskara

Setiap kali Anda mengeluarkan sikat maskara keluar, bakteri bisa masuk dan ikut menempel pada sikat tersebut. Itulah kenapa maskara tak boleh digunakan lebih dari 4 bulan. Menurut womenshealthmag, dianjurkan agar pemakaian maskara ini diganti setiap 3-4 bulan sekali.

Bersin saat mengaplikasikannya

Kedengarannya memang sederhana, tetapi bersin saat mengaplikasikan makeup akan membuat bakteri masuk ke dalam kemasan makeup. Alhasil, ia akan menempel dan berkembang di sana. Di lain waktu, saat Anda memulaskan makeup, Anda akan bersin karena bakterinya telah tersebar.

Memulas lipstik lagi setelah makan

Biasanya lipstik akan luntur setelah makan, sehingga Anda memulaskan kembali pada bibir Anda. Nah, di sini Anda lupa bahwa sudah ada bakteri yang masuk ke dalam mulut. Bakteri tersebut bisa dikurangi jumlahnya atau mati saat menggosok gigi. Sehingga disarankan memulaskan lipstik hanya setelah menggosok gigi.

Berbagi produk

Berbagi produk dengan sahabat bukan sebuah hal yang langka lagi, apalagi saat sedang nongkrong bareng di sebuah tempat. Nah, di sini ada potensi pertukaran bakteri antara kedua orang atau lebih.

Membiarkan makeup bag kotor

Setidaknya seminggu sekali memang makeup bag perlu dicuci dan dibersihkan. Terutama bila makeup bag Anda terbuat dari bahan kanvas atau kain biasa.

Pakai kuas satu untuk semua

Hindari memakai sebuah kuas saja untuk memulaskan makeup ini dan itu. Lebih baik Anda punya masing-masing 1-2 kuas untuk sebuah produk makeup. Selain agar warnanya tidak tercampur, bermanfaat pula untuk mencegah kontaminasi bakteri.

Merawat dan mempercantik kulit itu tidak sulit kok. Anda hanya perlu lebih cermat dan membaca banyak informasi yang ada.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading