Sukses

Beauty

Cara Duduk Yang Benar dan Sehat Untuk Wanita

Kelihatannya sepele ya ladies, tetapi duduk banyak mempengaruhi kehidupan Anda terutama pada aspek kesehatan.

Salah posisi duduk bisa menyebabkan tubuh jadi sakit semua, atau juga punggung yang nyeri. Dan apabila Anda membiasakan diri duduk di posisi membungkuk, tubuh juga jadi tidak tegap dan postur tubuh berubah.

Agar tidak sampai salah posisi lagi, inilah beberapa cara duduk yang benar dan sehat untuk wanita.

Jangan terlalu tegak

Biasanya memang orang tua memberi nasehat agar duduk tegak, padahal sebenarnya cara duduk yang baik dan tepat adalah setengah bersandar dan tidak terlalu tegak.

Ketika Anda tidak bersandar, maka tubuh Anda akan berada dalam posisi kaku serta menyebabkan stres pada tulang punggung. Penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Woodend, seperti dikutip dari livestrong, duduk yang tepat sebaiknya membentuk sudut 135 derajat dan kaki dalam kondisi menapak di lantai.

Posisi rileks ini juga cocok kok untuk bekerja di belakang meja, sehingga tubuh tidak gampang lelah dan Anda tidak mudah stres.

Jangan duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama selama berjam-jam akan menyebabkan peredaran darah tubuh jadi kurang lancar. Bahkan lemak akhirnya menumpuk di beberapa bagian, terutama pada perut dan pinggang.

Posisi duduk juga menyebabkan bernafas jadi kurang lega, sehingga Anda disarankan melemaskan otot dan jalan-jalan setiap 15 menit atau 30 menit sekali.

Pilih kursi yang terbaik

Jangan sembarang duduk di kursi yang ada, memang untuk bekerja lama di balik meja kantor sebaiknya Anda memilih kursi yang desainnya nyaman dan baik untuk tubuh.

Pertimbangkan memilih yang tidak terlalu empuk tetapi juga tidak terlalu keras karena tubuh Anda bisa mengalami trauma.

Atur ketinggian kursi

Sudah seharusnya memang Anda memilih kursi yang bisa diatur ketinggiannya. Jangan memilih kursi yang ternyata malah membuat kaki menggantung atau posisi tubuh yang terlalu membungkuk.

Jangan bermalas-malasan

Saat duduk lebih baik ikuti sudut 135 derajat, jangan terlalu bersandar atau bermalas-malasan karena akan membuat tulang punggung jadi tidak nyaman dan tubuh jadi tidak fleksibel. Anda juga akan lama kelamaan merasa sakit punggung serta leher kalau bekerja dalam posisi bersandar.

Pakai armrest kursi

Kalau Anda memperhatikan, ada pegangan kursi di kedua sisi. Ternyata armrest ini tidak dibuat semata-mata untuk hiasan saja, tetapi memang untuk mengistirahatkan otot-otot lengan Anda sehingga tidak terlalu lelah dan kaku.

Jangan mengangkat kedua kaki

Memang rasanya asyik ya bekerja dengan mengangkat kedua kaki dan bersila di atasnya. Atau ketika salah satu kaki diangkat dan duduk bersila. Tetapi ternyata duduk dengan cara ini sangatlah berbahaya, karena dapat menyebabkan peredaran darah jadi tidak lancar.

Pastikan Anda selalu menyempatkan diri bergerak aktif ketika tidak duduk untuk membantu membakar kalori serta melancarkan peredaran darah pada tubuh.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading