Sukses

Beauty

Hal-Hal Sepele Yang Bikin Jerawat Makin Parah

Apakah Anda berpikir bahwa bahaya utama penyebab jerawat adalah makanan? Well, tampaknya Anda termakan mitos nih, ladies.

Sebenarnya, penyebab jerawat itu sepele, dan hal-hal yang tidak Anda sadari sebelumnya. Mungkin bahkan ketika Anda memberikan perawatan atau bahkan sedang mencuci muka, justru Anda sedang membuat kondisi jerawat makin parah.

Agar tidak bingung, baca dulu beberapa hal sepele yang justru menyebabkan jerawat makin parah berikut ini...

Topi dan ikat kepala

Anda mungkin tak pernah menyangka bahwa ikat kepala (headband) atau topi bisa menyebabkan jerawat semakin parah. Apalagi jika ikatannya ketat, maka ia dapat menggesek kulit Anda dan membuatnya semakin iritasi.

Ketika tergesek, otomatis kulit Anda akan terluka dan jerawat jadi semakin parah.

Ponsel

Anda sering berpikir bahwa ponsel adalah benda yang bersih, namun ternyata ponsel adalah salah satu benda yang banyak membawa bakteri. Saat dipegang oleh tangan, diletakkan di meja, dan lain sebagainya, ponsel membawa serta bakteri tersebut menempel.

Kemudian saat menempel pada telinga atau jemari Anda bergerilya di kulit, bakteri ini akan memperburuk kondisi jerawat, terutama di area dagu, mulut dan sebagainya.

Produk perawatan rambut

Umumnya, jerawat di dahi disebabkan karena produk perawatan atau styling rambut yang tidak cocok. Produk tersebut menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga jerawat mudah muncul dan mudah sekali menjadi parah.

Kacamata

Dan ternyata kacamata juga dapat menularkan bakteri ke area mata serta kulit. Inilah kenapa Anda harus secara rutin membersihkan frame kacamata dengan cairan khusus yang menghindarkan mata dan kulit dari bakteri.

Pakaian olahraga

Biasakan mencuci pakaian olahraga jenis apapun setiap kali selesai dipakai. Pakaian olahraga telah menyerap banyak keringat dan memberikan media yang baik untuk bakteri tumbuh subur. Dan dengan memakainya setiap hari, Anda akan punya resiko lebih banyak lagi untuk membuat kondisi jerawat semakin parah.

Mencuci wajah

Tak peduli jenis kulit apa yang Anda miliki, semakin sering membersihkan wajah justru akan membuat jerawat malah makin parah. Hal ini disebabkan karena kondisi kulit yang terlalu kering sehingga menyebabkan kulit jadi mudah iritasi.

Selain itu, disarankan Anda mencari produk makeup dan skincare yang memang cocok untuk jenis kulit Anda, tidak menyebabkan komedo dan penyumbatan pori-pori.

Sebenarnya memang penyebab jerawat setiap orang berbeda-beda, tetapi setidaknya dengan tujuh panduan di atas Anda bisa mencegah jerawat Anda jadi lebih buruk.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading