Sukses

Beauty

Aduh, Makeup Kadaluarsa Bisa Merusak Kulit

Waktu terus berlalu, tanpa sadar ternyata Anda membeli perlengkapan makeup Anda sudah setahun lamanya. Apakah ia masih bisa digunakan ya?

Sebenarnya memang memilih makeup harus tahu pula berapa lama usianya. Kalau memang usianya pendek, jangan membeli yang ukurannya besar, pilih saja yang praktis, apalagi kalau ia jarang digunakan. Lebih baik membeli dengan harga sedikit mahal kan ketimbang Anda terkena dampak kosmetik yang kadaluarsa.

Makeup yang sudah lewat masa pakainya dapat menyebabkan beragam masalah kulit, di antaranya jerawat, iritasi kulit, infeksi, dan yang lebih buruk lagi adalah wajah yang rusak.

Infeksi

Makeup kadaluarsa dapat menyebabkan jerawat dan infeksi seperti mata merah. Biasanya ini disebabkan oleh penggunaan maskara, eyeliner dan based yang masa pakainya sudah berakhir. Umumnya, pengawet yang ada di kandungan makeup juga sudah habis sehingga tak heran kalau ia bisa menyebabkan infeksi.

Alergi

Jika makeup Anda sudah berakhir cukup lama, biasanya sudah ada akumulasi kuman dan bakteri yang terkandung di dalamnya. Apabila Anda memaksa memakainya, maka reaksi alergi akan muncul.

"Makeup kadaluarsa membawa kerugian pada orang yang memakai bila diterapkan pada kulit," kata Dr. Marina Peredo. Kemerahan dan iritasi, gatal-gatal dan benjol bisa berlangsung selama beberapa hari atau lebih.

Berapa lama Anda boleh menyimpan makeup?

Sebuah maskara yang sering dipakai dan dikeluarkan kuasnya setidaknya dipakai tidak lebih dari 3-4 bulan. Sedangkan eyeliner hanya boleh digunakan selama setahun saja, dan based digunakan paling lama enam bulan.

Aturan ini sebenarnya sudah tertera jelas pada tanggal produk. Dan Anda harus mengikuti aturannya agar terhindar dari problem kulit.

Bersihkan alat makeup

Selalu cuci dan bersihkan alat makeup sehingga bakteri tidak menular pada kulit. Setidaknya kuas yang dipakai terlalu sering harus dicuci dan dibersihkan seminggu sekali.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah mengetahui kualitas produk yang Anda beli. Hindari membeli produk kosmetik dan makeup yang tidak jelas kualitas dan bahannya untuk mencegah problem kulit ringan maupun parah.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading