Sukses

Beauty

Hati-Hati, Tiga Gerakan Situp Ini Salah

Siapa sangka bahwa banyak wanita di luar sana yang punya permasalahan yang sama seperti Anda. Apalagi kalau bukan perut buncit?

Dan tak sedikit pula wanita yang berpikir bahwa sit up adalah jalan untuk mendapatkan perut kecil dan ramping. Kenyataannya, sit up hanya membantu melatih otot perut, bukan merampingkan perut.

Pun demikian, sebenarnya wanita perlu tetap melakukan sit up. Dengan melatih kekuatan otot perut, Anda akan lebih mudah meraih perut langsing dan ramping. Apa saja sih manfaat sit up?

Sit up adalah gerakan melatih otot perut dengan cara membaringkan diri pada sebuah lantai atau matras. Kedua lutut ditekuk menjejakkan ujung tumit di lantai, kemudian punggung yang dalam posisi tidur ditarik ke depan menuju arah lutut. Kemudian, punggung diturunkan hingga 45 derajat sampai terasa kontraksi pada perut, dan tubuh ditarik lagi ke depan.

Gerakan tersebut diulang selama beberapa kali dengan pengaturan nafas dan konsentrasi pada reaksi otot perut.

Belakangan ini, sit up telah dilakukan dengan beberapa variasi. Baik kaki yang diluruskan di lantai, kaki ditempelkan ke tembok, menggunakan bantuan fit ball atau digantung di udara. Manfaatnya sebenarnya sama, hanya saja tingkat kesulitannya beda.

Kesalahan yang sering dilakukan saat sit up

1. Posisi belum pas namun sudah melakukan gerakan sit up, alhasil tubuh jadi mudah cedera dan kram.

2. Melakukan gerakan sit up terlalu cepat juga tidak akan memberikan efek yang baik. Ia hanya akan membuat tubuh Anda kelelahan saja.

3. Melakukan gerakan sit up dan mencoba semua gerakan agar lebih cepat langsing.

Kenyataannya, seberapa cepat Anda melakukan gerakan sit up apabila gerakannya salah maka ia tidak akan memberikan manfaat yang baik. Malah Anda harus berhadapan dengan resiko cedera.

Untuk itu, ketahui beberapa hal sit up yang benar.

  • Sit up yang benar adalah terlebih dahulu pada posisi rileks kemudian menempatkan tubuh di posisi punggung yang lurus. Apabila sudah nyaman, baru sit up dimulai. Jadi tidak perlu terburu-buru.
  • Gunakan matras yang nyaman, karena lantai berpotensi membuat punggung Anda cedera.
  • Fokuskan pada pergerakan otot, pada kontraksi otot dan bukan berapa banyak sit up yang Anda lakukan.
  • Sit up dilakukan beberapa kali dalam satu set, kemudian diulangi beberapa set. Tidak perlu terburu-buru meningkatkan jumlah set, lebih baik lakukan saja secara rutin.
  • Pengaturan nafas pada saat sit up harus benar. Pada posisi tidur, tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan saat posisi bangun.

Mengimbangi olahraga Anda dengan sit up rutin akan membantu Anda meraih perut impian. Yuk mulai hidup sehat.

 

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading