Sukses

Beauty

4 Cara Jitu Menghindari Osteoporosis Bagi Wanita

Kesehatan merupakan hal penting yang harus dijaga tidak hanya pada masa sekarang melainkan hingga lanjut usia nanti. Salah satu penyakit yang mengancam di usia senja terutama bagi wanita adalah osteoporosis.

Dalam upaya menghindarinya, dr. Adhiatma Gunawan dari MeetDoctor.com akan memberikan penjelasannya untuk Anda.

Osteoporosis atau yang sering disebut pengeroposan tulang, merupakan kondisi yang menimbulkan rasa nyeri yang amat sangat bahkan bisa menyebabkan patah tulang. Seperti yang disebutkan sebelumnya, penyakit ini sangat rawan terjadi pada wanita.

Hal in disebabkan karena wanita memiliki hormon estrogen dan tulang serta area tulang kortikal yang lebih kecil daripada pria.Hal inilah yang menyebabkan tulang wanita mudah keropos, apalagi setelah memasuki masa menopause.

Berikut adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah osteoporosis:

Berjalan kaki

Salah satu jenis olahraga yang mudah dan murah adalah berjalan kaki. Dengan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit perhari, bisa memperkuat tulang Anda terutama bagian pinggul yang dianggap cukup rentan.

Angkat beban

Untuk memadatkan tulang kembali, Anda bisa melakukan angkat beban sekitar 2 sampai 3 kali seminggu. Anda bisa melakukannya di pusat kebugaran atau rumah sendiri dengan mengangkat air mineral di dalam botol.

Yoga

Yoga sangat baik dalam membuat tubuh Anda kembali rileks dan memperbaiki tekanan darah. Selain itu, beberapa posisi yoga juga sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Sepeda statis

Sepeda statis merupakan olahraga lain yang bisa Anda lakukan dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Di samping aktivitas-aktivitas tersebut, Anda juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan kepadatan tulang untuk mencegah pengeroposan tulang ini, terutama bagi Anda yang berusia di atas 65 tahun, memiliki badan terlalu kurus dan bertulang kecil.

Sumber: MeetDoctor.com

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading