Sukses

Beauty

Tips Menyembuhkan Jerawat di Punggung

Jerawat ternyata bukan hanya problem yang munculnya di wajah saja. Jerawat juga bisa muncul di punggung, bahkan rasanya sakit dan lebih mengganggu.

Jerawat yang tumbuh di punggung rasanya gatal, nyeri, dan kerap memicu sakit kepala hingga ngilu. Berbeda dengan jerawat di wajah yang lebih mudah disembuhkan, jerawat di area punggung cenderung lebih bandel.

Penyebab jerawat di punggung

Dilansir IndiaTimes, Dr S S Trasi, seorang ahli dermatologi mengatakan bahwa jerawat di punggung disebabkan karena aktivitas kelenjar kulit yang memproduksi minyak berlebih. Sama halnya seperti wajah, minyak berlebih juga muncul di area bahu, leher, punggung bahkan hingga pantat.

Jerawat juga dipengaruhi oleh hormon, di mana biasanya pada waktu-waktu tertentu, ia tumbuh semakin banyak dan mengganggu.

Beberapa penyebab jerawat yang tak terduga:

1. Ketombe (Pityriasis Capitis) bila berlebihan dapat memicu jerawat di punggung
2. PCOD atau polycystic ovarian
3. Mencukur atau waxing
4. Terlalu panas dan keringat

Cara menyembuhkan jerawat di punggung

Kombinasi clindamycin dan benzoyl peroxide atau retinoic acid dapat membantu menyembuhkan jerawat di punggung. Pilihlah sabun yang mengandung salicylic acid sehingga jerawat segera kering dan mengelupas dalam hitungan dua minggu.

Untuk mencegahnya, hindari menggaruk jerawat sehingga bakteri tidak menyebar. Selain itu ganti handuk setiap minggu sehingga bakteri tidak kembali menular.

Bekas jerawat di punggung bisa diatasi dengan menggunakan lulus atau masker punggung.

 

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading