Sukses

Beauty

Makan Berlebihan Bikin Gemuk! Hindari Dengan Cara Ini

Aneka ragam makanan yang menggugah selera membuat Anda ingin terus makan dan menghabiskannya. Jika Anda mulai kesulitan untuk mengendalikan nafsu makan Anda, cobalah mulai untuk menata kembali pola makan Anda. Anda dapat mencoba beberapa tips berikut ini yang dapat membuat anda tidak lagi makan terlalu banyak, seperti dilansir womenshealthmag.com

Ketahui kebutuhan Anda

Cari tahu kebutuhan gizi Anda menggunakan aneka aplikasi di internet atau dengan mendatangi ahli gizi Anda. Ketahui seberapa banyak makanan yang Anda butuhkan dalam sehari agar Anda dapat mengira-ngira porsi makan Anda sendiri.

Ketahui berapa banyak yang Anda makan

Pastikan Anda selalu mengingat apa saja yang telah anda makan hari itu. Bila perlu catat dalam aplikasi smartphone atau buku catatan Anda.

Makan sebelum lapar, berhenti sebelum kenyang

Jangan menunggu lapar untuk menikmati makan Anda. Buatlah waktu makan menjadi rutinitas yang harus ditepati. Sebaiknya Anda tidak makan hingga perut Anda penuh kekenyangan. Berhentilah ketika Anda merasa telah cukup makan. Jika hal ini sudah menjadi kebiasaan, Anda akan memiliki pola makan sehat dan tidak akan makan berlebihan.

Masak dengan jumlah yang sesuai

Jika Anda membuat sendiri makanan Anda, pastikan Anda membuatnya dalam jumlah yang pas agar tidak ada makanan sisa yang membuat Anda merasa bersalah jika tidak memakannya.

Pilih piring kecil

Dengan piring yang lebih kecil Anda akan lebih mudah mengontrol porsi Anda. Piring Anda juga akan penuh dengan makanan dalam jumlah sedikit.

Duduk dan fokus

Makanlah di meja makan yang jauh dari gangguan apapun. Cobalah untuk fokus pada makanan Anda. Sebaiknya hindari makan sambil melakukan aktifitas lain seperti menonton televisi yang membuat Anda tidak merasa sudah makan dalam jumlah banyak.

Minum sebelum makan

Minumlah segelas air sebelum makan agar Anda tidak perlu makan dalam porsi besar untuk dapat kenyang. Minum air dapat membuat perut Anda merasa sudah terisi.

 

 

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading