Sukses

Beauty

Kontroversi Pengobatan Asma Tradisional di India, Ampuh Tapi Menyiksa

Asma adalah salah satu gangguan pernapasan yang banyak diderita warga dunia. Kesulitan bernapas saat asma menyerang bisa membuat seseorang panik, tidak bisa bernapas lega bahkan dapat mengakibatkan kematian. Wajar jika para penderita asma ingin sembuh dan bebas dari gangguan ini selamanya. Saat cara medis tak menunjukkan hasil, kadang cara yang tidak masuk akan dilakukan demi kesembuhan.

Pasien bisa tersedak, namun dipercaya sembuhkan asma permanen

Di India, ada salah satu pengobatan asma yang cukup kontroversial. Walaupun sebagian pasien asma mengatakan bahwa asmanya sembuh, namun cara tradisional ini cukup mengganggu dan diperdebatkan dari segi medis. Dilansir oleh Dailymail.co.uk, pengobatan tradisional ini sudah berusia 156 tahun dan dipercaya dapat menyembuhkan asma dengan baik.

Foto: copyright dailymail.co.uk
Cara yang dilakukan adalah melumuri ikan sarden atau ikan murrel hidup ukuran 5 cm dengan herbal berwarna kuning. Setelah dilumuri herbal, ikan tersebut diletakkan di tenggorokan pasien. Pasien diminta membuka mulut selebar mungkin, lalu ikan tersebut akan membersihkan jalan napas. Dipercaya, cara ini bisa menyembuhkan asma secara permanen jika teratur melakukan pengobatan selama 3 tahun. Walaupun pada kenyataannya, pasien sering tersedak, menangis dan panik saat diobati.

Foto: copyright dailymail.co.uk

Ribuan orang di India telah melakukan pengobatan gratis ini. Bahkan anak-anak sering dipaksa oleh orang tua mereka untuk membuka mulut saat diobati, terlepas mereka menangis atau kesulitan bernapas saat ikan itu diletakkan di tenggorokan mereka.

Praktik yang sudah berjalan lama ini hanya dilakukan pada tanggal tertentu. Banyak penduduk modern yang khawatir jika praktik ini justru menimbulkan masalah kesehatan. Tidak terjaminnya kebersihan ikan, herbal dan tangan orang yang memegang ikan dikhawatirkan berdampak pada kesehatan. Belum lagi jika pasien mengalami tersedak saat pengobatan, akibatnya bisa fatal.

Walau demikian, keinginan untuk sehat dan terbebas dari asma kadang membuat beberapa orang menepis semua bahaya itu.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading