Sukses

Beauty

Kurang Gerak Saat Bulan Puasa Rawan Susah BAB

Puasa itu menyehatkan, selama Anda juga menjaga gaya hidup tetap sehat dan baik. Meski puasa itu tidak makan dan minum, sebaiknya Anda tetap aktif bergerak. Kalau tidak, masalah pencernaan dan kesehatan lainnya akan mengintai. 

Karena kita tidak banyak makan dan minum saat puasa, pencernaan pun bekerja sesuai dengan apa yang kita konsumsi. Akibatnya, kadang kita bisa buang air kadang tidak. Nah, berikut ini adalah penyebab susah buang air besar saat puasa dan beberapa cara untuk mengatasinya. 

    Kurang Minum Air

    Manajemen minum air putih saat bulan puasa memang harus lebih diatur dibanding saat hari biasa. Karena waktu makan dan minum kita juga lebih sedikit, banyak orang yang ternyata kurang minum. Atur waktu minum Anda agar tidak sekaligus banyak atau terlalu sedikit. Air sangat diperlukan untuk proses pencernaan dan ekskresi.

    Kurang Bergerak

    Kurang gerak juga bisa berpengaruh, Karena saat kita bergerak, metabolisme tubuh kita bekerja dengan sangat aktif. Oleh karena itu, perbanyak gerakan Anda seperti biasanya. Tidak harus dengan yang menyita energi, tapi yang membuat Anda aktif. Berjalan-jalan sore bisa menjadi solusi selagi Anda melakukan ngabuburit. Seru, kan?

    Kurang Konsumsi Serat

    Kalau bisa, makan malam dan sahur mengandung 50% serat. Selanjutnya bisa Anda imbangi dengan cairan, dan sumber tenaga seperti protein atau karbohidrat. Serat yang baik selama puasa seperti beras merah, pepaya, semangka, bayam segar, wortel dan apel. Serat penting untuk pencernaan agar lebih mudah BAB.

    Terlalu Banyak Kalsium

    Terlalu banyak kalsium yang tak dilengkapi dengan magnesium bisa membuat pencernaan Anda terhambat, karena terjadi penumpukan kalsium dalam tubuh yang menyebabkan konstipasi. Magnesium sangat diperlukan untuk penyerapan kalsium sehingga tak menumpuk di dalam ginjal. Bagi Anda yang punya gen kanker, sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi kalsium yang tak dilengkapi dengan magnesium seimbang.

    Konsumsi Gorengan Atau Makanan Buatan

    Gorengan dan makanan prosesan lainnya seperti kue-kue dengan pati tinggi, mie, roti dan sebagainya bisa menyebabkan dua hal, panas dalam dan banyaknya kandungan gula dalam tubuh. Sebaiknya konsumsi secukupnya dan perbanyak buah dan sayur yang lebih melancarkan pencernaan Anda.

Susah buang air besar memang bisa menyebalkan dan menjadi masalah kesehatan. Coba tips di atas agar Anda bisa menjalankan puasa dengan nyaman dan sehat. Yuk tetap aktif selama Ramadan ini. Selamat berpuasa. 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading