Sukses

Beauty

Ups, ini Dia 5 Kesalahan Memasak Yang Buat Tubuh Gemuk

Ladies, selain menerapkan makan buah dan sayur, Anda juga harus tahu bahwa banyak faktor lain yang bisa membuat Anda sulit menurunkan berat badan, atau malah justru sebaliknya, meningkatkan berat badan Anda. Salah satu hal yang bisa membuat Anda semakin gemuk adalah cara memasak makanan Anda, Ladies.

Hal ini memang sangat mempengaruhi seberapa besar kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda, dan hal inilah yang juga perlu Anda ketahui. Menurut www.fitnea.com, ada beberapa kesalahan memasak yang sebaiknya Anda hindari karena bisa memicu penambahan berat badan, seperti misalnya

    Menggunakan terlalu banyak minyak

    Hal ini sudah umum jika Anda sebaiknya menghindari makanan berminyak atau makanan yang diolah dengan cara digoreng karena makanan akan menyerap minyak begitu masuk ke dalam wajan. Hal ini akan bertahan hingga beberapa jam saat makanan diangkat dari wajan.

    Anda bahkan butuh banyak tisu jika ingin menyerap minyak yang menetes dari makanan yang digoreng. Belum lagi risiko kolesterol, lemak trans dan lain sebagainya. Menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti juga sangat baik, namun tetap saja jangan menggunakan secara berlebihan ya Ladies.

    Tidak memperhatikan porsi memasak

    Semua orang pasti sudah tahu bahwa ukuran atau porsi makanan itu penting untuk dikontrol. Mungkin memperkirakan porsi yang tepat untuk makanan Anda sedikit melelahkan dan makan banyak waktu dan bahkan terkesan perfeksionis. Namun hal ini cukup penting dilakukan agar Anda bisa membatasi asupan kalori makanan Anda.

    Jangan selalu berpatok pada resep

    Jika Anda merupakan pemula dalam hal memasak, maka tidak heran jika Anda 'patuh' terhadap resep yang diberikan kepada Anda. Anda mungkin akan mencontoh seluruh bahan dasar yang diperlukan sesuai resep dan bahkan takaran yang ada.

    Namun hal ini justru sangat bisa menjerumuskan Anda ke dalam risiko kegemukan. Coba pikirkan dulu bahan mana yang tidak terlalu dibutuhkan dan bisa diganti dengan bahan lain sehingga bisa mengurangi kalori yang akan Anda makan. Seperti misalnya susu full cream, ganti saja dengan yang low-fat atau non-fat. Misalnya minyak sayur atau mentega, ganti dengan zaitun, dan begitu seterusnya.

    Ngemil saat masak

    Terkadang saat memasak, Anda pasti akan menunggu sampai makanan matang, dan saat itulah seringkali Anda terjebak dengan bahan makanan yang bisa dijadikan cemilan, entah itu choco chips atau keripik. Jangan biarkan Anda ngemil sambil menunggu makanan matang, kecuali jika Anda ngemil buah.

    Meninggalkan sisa makanan terlalu banyak dan masak terlalu lama

    Penting sekali memperkirakan seberapa banyak makanan yang harus dimasak, porsi yang cukup itu harus diterapkan, jangan sampai berlebihan hanya untuk berjaga-jaga anggota keluarga ada yang ingin nambah makan.

    Jika pada akhirnya tidak ada yang makan, nanti Anda sendiri yang repot. Anda pasti sayang membuangnya, maka Anda makan sisa makanan tersebut. Nah, inilah yang harus Anda hindari, Ladies. Anda juga tidak seharusnya memasak makanan dalam waktu lama, karena bisa menghilangkan sebagian besar nutrisi yang ada di dalam makanan tersebut.

Jadi, coba biasakan menghindari 5 kesalahan memasak tersebut ya Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading