Sukses

Beauty

Bagaimana Menentukan Asupan Zat Besi Pas Setiap Hari? Ketahui Di Sini

Anda pasti tahu bahwa tubuh butuh banyak nutrisi untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan adalah mineral berupa zat besi. Namun seringkali banyak orang tidak tahu dan sulit mengira-ira seberapa banyak sebenarnya yang dibutuhkan tubuh, karena kelebihan zat besi dalam tubuh juga tidak baik.

Nah, menurut www.vegetariantimes.com, Anda sebenarnya bisa mencukupi kebutuhan zat besi dengan mudah dengan rutin mengonsumsi makanan nabati seperti sayuran hijau. Itulah mengapa vegetarian dapat memenuhi kebutuhan zat besi dengan mudah karena mereka banyak makan sayur.

Zat besi sendiri diperlukan untuk hemoglobin dalam sel darah merah, protein yang menjadikan sel darah merah nampak segar dan mampu mengikat oksigen dari paru-paru. Dalam satu mangkuk penuh sayuran hijau, seperti misalnya sawi atau bayam, diperkirakan mengandung paling tidak 1-3 miligram zat besi, tergantung pada sayur yang Anda pilih.

Sebenarnya, kecukupan gizi untuk zat besi yang dianjurkan untuk laki-laki dewasa dan untuk wanita di atas usia 50 tahun adalah antara 8 miligram per hari. Bagi wanita berusia 19-50 tahun, asupan rata-rata harian sekitar 18 miligram per hari. Jadi, Anda bisa menghitung sendiri seberapa banyak zat besi yang sudah atau belum Anda konsumsi selama sehari.

Namun jumlah itu sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena Anda tidak harus selalu bisa memenuhi sebanyak jumlah yang disarankan. Cukup Anda banyak makan sayur dan buah setiap hari, dan mengurangi makan gorengan dna berlemak, sudah cukup. Asal Anda tidak mengalami anemia, atau kekurangan zat besi, Anda tidak perlu mengonsumsi suplemen zat besi, Ladies.

(vem/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
Anies Baswedan Sampaikan Kabar Baik, Jakarta 0 Kematian Akibat Covid-19 Selama 24 Jam
Artikel Selanjutnya
Hari ini, 1.509 Sekolah di DKI Jakarta Gelar PTM Terbatas