Sukses

Parenting

5 Tips Makan Malam Sehat Bersama Keluarga

Makan malam merupakan salah satu aktivitas yang bisa menyatukan seluruh anggota keluarga, karena pada saat makan malam lah semua orang berkumpul. Tidak seperti pagi hari yang terkesan terburu-buru dan bahkan mungkin sudah ada yang berangkat sekolah atau kerja, dan tidak juga seperti makan siang yang bahkan mungkin tidak akan bersama dengan keluarga.

Makan malam menjadi sangat penting karena mampu mengumpulkan anggota keluarga dan berbagi cerita tentang semua aktivitas keseharian. Bahkan menurut www.everydayhealth.com, anak yang makan malam bersama keluarga akan makan lebih banyak buah dan sayur dan berbagai nutrisi sehat lainnya daripada saat mereka makan sendirian.

Nah, untuk menciptakan makan malam yang sehat namun tetap menyenangkan, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, antara lain adalah

Persiapkan sepiring makanan bernutrisi
Menyiapkan makanan bukan hanya sekedar menyajikan sembarang makanan enak. Anda harus memastikan bahwa makanan yang Anda sajikan cukup baik dan rendah kalori untuk semua keluarga. Hal ini sangat penting untuk menjaga tingkat kolesterol.

Utamakan sayuran
Menyajikan makan malam sebaiknya berfokus pada bahan utama sayuran. Tumis tahu dan buncis atau mungkin frittata bayam akan lebih baik daripada gulai kambing atau kare ayam. Ini bertujuan mencukupi serat dan nutrisi sebelum tidur.

Pilih resep enak namun sehat
Jangan lupa untuk memastikan makanan Anda bisa dimakan semua anggota keluarga, termasuk anak Anda yang susah makan atau mereka yang tidak terlalu berselera dengan makanan ala Barat. Jadi, cari resep yang sehat namun tetap enak dimakan.

Hindari makanan terlalu berat agar tidur lebih nyenyak
Penting sekali untuk membatasi makanan saat malam hari. Bukan hanya agar tidak mengalami kenaikan berat badan, namun juga agar bisa tidur nyenyak tanpa sesak nafas. Namun jangan pula menyiapkan makanan terlalu sedikit hingga tidak cukup untuk anggota keluarga. Anda bisa mengganti karbohidrat sederhana seperti nasi, dengan jagung atau makanan kaya protein seperti tahu, tempe dan telur.

Ciptakan suasana menyenangkan
Membangun suasana menyenangkan adalah suatu keharusan untuk menciptakan kehangatan dan kedekatan antara anggota keluarga. Menanyakan kegiatan setiap anggota bisa mencairkan suasana dan menghindari topik sensitif akan sangat lebih baik.

Nah, coba terapkan tips di atas ya Ladies, untuk membentuk hubungan keluarga yang baik dan menjaga tubuh tetap sehat saat malam hari.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading