Sukses

Beauty

Payudara Nyeri Sekali, Apa Penyebabnya?

Ladies, sebagai wanita, secara alami Anda akan memiliki jaringan mamal yang disebut payudara, di mana nantinya akan sangat dibutuhkan saat Anda menyusui anak Anda. Namun seringkali beberapa wanita mengeluhkan merasakan sakit pada bagian dada mereka atau bagian payudara mereka saat dipegang.

Berdasarkan health.com, lebih dari 70% wanita memiliki rasa nyeri atau sakit pada payudara yang disebut dengan mastalgia, yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Penyebab utama dan yang paling umum adalah karena pengaruh perubahan hormon, dan hal ini lebih sering terjadi saat Anda mengalami siklus menstruasi.

Sayangnya, rasa nyeri pada dada ini akan terjadi lebih sering saat umur Anda lebih dari 30 tahun. Kedua payudara akan terasa meradang atau lebih keras dari biasanya dan menimbulkan rasa nyeri yang ringan hingga sedang saat disentuh atau diremas. Namun untungnya, rasa sakit ini jarang sekali atau bahkan bukan pertanda dari adanya kanker payudara, dan biasanya rasa nyeri akan hilang sendiri saat menstruasi selesai.

Pada umumnya, nyeri yang dirasakan tidak sampai membuat Anda harus terbaring di ranjang atau menghalangi Anda beraktivitas seperti biasa, namun jika memang rasa nyerinya cukup mengganggu, biasanya banyak wanita mencari cara agar tidak terlalu sakit, salah satunya adalah dengan minum vitamin B6 dan vitamin E.

Beberapa yang lain mungkin menemukan cara meredakan nyeri dengan membatasi makan makanan asin dan tidak minum minuman berkafein seperti kopi dan teh. Dan ada banyak cara berbeda yang ditempuh wanita untuk memberikan rasa nyaman pada payudara yang sakit tersebut.

Namun ada kalanya rasa sakit pada payudara benar-benar sakit dan tidak biasa. Dalam hal ini, Anda perlu berhati-hati, mungkin saja ada kista atau tumbuh sel tumor (fibroadenoma) di dalam payudara, dan rasa sakit mungkin tidak tergantung pada siklus menstruasi Anda.

Jadi coba periksakan jika sakitnya terasa ganjil ya Ladies. Jika nyeri biasa, itu hanya pertanda Anda akan datang bulan sebentar lagi.



(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading