Sukses

Beauty

5 Tips Mudah Atasi Rasa Pegal di Leher

Bekerja seharian dengan laptop. Tidur dengan posisi yang salah. Olahraga tenis tanpa melakukan pemanasan. Tubuh kurang gerak setelah bekerja seharian di kantor. Well, hal-hal tersebut bisa menyebabkan rasa pegal dan nyeri di bagian leher. Jika Anda tak mengimbangi kegiatan dan kesibukan Anda dengan olahraga rutin, risiko terkena rasa sakit di bagian leher memang sangat tinggi.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi rasa sakit di bagian leher? Ladies, umumnya ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan sendiri untuk mengatasi rasa pegal di leher. Dilansir dari lifehack.org, ada beberapa cara mudah yang bisa dicoba. Apa sajakah cara-cara tersebut? Yuk, langsung simak uraiannya di bawah ini.

Kompres dengan Air Hangat atau Air Es
Ini adalah cara paling mudah yang bisa dilakukan di rumah. Anda bisa menggunakan handuk yang sudah direndam di air hangat lalu dikompreskan di area leher yang pegal atau nyeri. Cara ini akan membuat sirkulasi darah lebih lancar. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan air es. Anda bisa mencoba keduanya untuk mencari tahu mana yang paling pas.

Pijat
Minta teman atau kerabat Anda memijat bagian otot trapezius, mulai dari otot di bagian bawah tengkorak kepala hingga ke punggung dan bahu. Pastikan pijatan dilakukan dengan lembut. Pijatan akan membuat otot-otot Anda lebih rileks.

Gerakkan Leher
Putar leher Anda searah jarum jam 7-8 kali. Lalu ulangi dengan arah yang berlawanan dengan arah jarum jam. Tarik napas ketika memutar leher ke atas dan hembuskan ketika leher memutar ke bawah. Lakukan perlahan saja karena tujuannya adalah membuat otot leher lebih rileks dan tidak membuatnya makin stres.

Gerakkan Bahu
Gerakkan bahu ke belakang dan ke depan. Kepalkan jari-jari tangan dan angkat lengan Anda ke atas. Pandangan tetap lurus ke depan dan jangan membungkuk. Tahan selama satu menit, baru turunkan lagi lengan Anda. Lalu gerakkan bahu ke belakang dan ke depan kembali, ulangi prosedur yang sama.

Peregangan Tubuh untuk Mengurangi Stres
Letakkan kedua tangan Anda di belakang punggung, genggam kedua tangan Anda. Lalu angkat hingga otot-otot bahu tertarik. Tahan selama beberapa detik, rilekskan tubuh, dan ulangi lagi beberapa kali hingga tubuh Anda terasa lebih nyaman.

Anda juga bisa mengonsumsi sejumlah makanan lain yang mengandung flavonol seperti cokelat untuk memperlancar aliran darah. Buah blueberry, delima, biji labu, jahe, dan ceri juga memiliki kandungan anti radang yang bisa meredakan nyeri otot.

Agar sakit tak semakin parah, setiap kali Anda merasa lelah, luangkan waktu untuk segera beristirahat. Lakukan hobi atau hal yang Anda sukai tanpa harus memaksa otot leher Anda bekerja semakin keras. Bila Anda sudah mencoba semua cara di atas tapi rasa sakit di  leher tidak berkurang sama sekali, segeralah hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading