Sukses

Beauty

Kenali Cidera Runner's Knee Saat Lari, Dan Cara Mengatasinya

Jika harus disebutkan, apakah olahraga yang paling gampang dilakukan di dunia ini, mungkin jawabannya adalah berlari. Anda tidak butuh banyak alat untuk bisa berlari. Anda bahkan tidak butuh sepatu jika hanya ingin berlari. Olahraga lari juga menjadi salah satu yang paling baik untuk kesehatan jantung dan melatih kebugaran.

Namun olahraga ini juga tidak luput dari cidera. Berdasarkan health.com, salah satu cidera yang bisa terjadi karena olahraga lari adalah runner's knee. Cidera ini semacam keseleo di bagian lutut yang menyebabkan timbulnya rasa sakit atau nyeri di bagian dekat tempurung lutut, yang semakin parah jika Anda menaiki dan menuruni tangga atau bukit.

Cidera ini merupakan iritasi yang terjadi pada tulang rawan di bawah tempurung lutut. Jika sudah begini, cara mengatasinya adalah dengan mengompres lutut Anda selama 10-15 menit dengan es agar nyeri bisa dikurangi. Kurangi juga jarak dan frekuensi lari Anda sementara hingga separuh dari yang Anda bisa selama ini. Lebih baik lagi jika Anda istirahat total selama 2 hari dari kegiatan lari, sambil sesekali melatih pergerakan di lutut.

Untuk mencegah cidera lutut ini terjadi, Anda bisa melatih kekuatan otot pinggul luar dengan cara berbaring dan mengayuh sepeda di udara secara perlahan. Cidera juga dapat dikurangi risikonya dengan cara pemanasan yang benar dan lama agar tubuh benar-benar siap diajak olahraga.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading