Sukses

Beauty

5 Tips Makeup Cantik Ala Korea (Tanpa Operasi Plastik)

Hingga memasuki tahun 2015, gaya makeup Korea Selatan yang tampak natural masih disukai wanita Indonesia. Banyak nih yang skeptis mengatakan "Mereka memang operasi plastik, makanya cantik,". Padahal tidak juga lho. Sebab menurut Jooa Lee, Miss Korea 2009, kebanyakan orang Indonesia berpikir bahwa wanita Korea semuanya cantik tanpa makeup, padahal tidak, sebab mereka juga memakai makeup.

Jooa Lee yang sudah setahun ini tinggal di Jakarta menambahkan bahwa wanita Indonesia beruntung hanya bertemu dua musim. Di Korea Selatan ada 4 musim, sehingga para wanita membutuhkan perawatan wajah yang lebih 'ribet'. Karena itu, sebenarnya Anda juga bisa cantik alami dengan bantuan makeup sederhana dan tidak perlu operasi plastik.

Inilah 5 rahasia cantik ala wanita Korea Selatan yang bisa Anda tiru.

(vem/yel)

Base Makeup Membuat Wajah Mulus

Bagi wanita Korea, wajah bagaikan kanvas. Jika wajah sudah mulus, maka makeup setipis apapun yang dipakai akan tampak bagus. Maka jangan heran jika wanita Korea sangat memperhatikan base makeup yang dipakai, bisa berlapis-lapis namun hebatnya tidak membuat wajah seperti pakai topeng.

Wanita Korea sangat telaten memakai serum, pelembab, sunscreen, BB/CC cream, bahkan memberi volumer yang bisa memberi efek wajah lebih fresh dan cerah. Prinsipnya, jika base makeup sudah bagus, maka warna-warna makeup di mata dan bibir hanya untuk mendukung saja. Yang penting kulit sudah mulus dengan berbagai base makeup.

Tidak Suka Wajah Matte

Berbeda dengan wanita yang suka wajah matte alias tidak mengkilat, wanita Korea justru menganggap wajah yang matte sangat membosankan dan tampak tidak alami. Maka jangan heran jika wajah mereka tampak lebih glowy atau sedikit terlihat berminyak, sebab wajah seperti itulah yang dianggap fresh dan alami.

Tapi jangan salah, wajah glow di sini bukan berarti berminyak dan kusam. Cara yang dipakai wanita Korea adalah dengan memilih BB cream atau CC cream ketimbang foundation dan bedak. Jika acaranya formal, wanita Korea akan menambahkan volumer (mirip bedak tapi sedikit berkilau)  untuk memberi kesan wajah yang lebih fresh.

Kuncinya di Eyeliner dan Lipstik

Seperti yang sudah dijelaskan, jika base makeup sudah oke, maka warna-warna lain  hanya mendukung saja. Wanita Korea sangat membutuhkan eyeliner untuk membuat mata yang tampak lebih tajam dan lebar. Anda bisa bermain warna eyeliner untuk memberi kesan fresh dan fun. Tidak perlu eyeshadow tebal karena wanita Korea tidak terlalu suka eyeshadow tebal.

Untuk lipstik, wanita Korea lebih suka warna-warna alami, biasanya warna pink lembut, coral atau peach. Untuk lipstik, mereka suka menambahkan lipgloss untuk memberi kesan lebih berkilau. Tambahkan juga blush on tipis di pipi. Biasanya makeup seperti ini menjadi pilihan wanita Korea sehari-hari.

Bentuk Alis Mata Alami

Satu hal yang paling terlihat berbeda antara wanita Korea dan wanita Indonesia adalah bentuk alisnya. Wanita Korea lebih suka bentuk alis yang alami, dengan bagian puncak yang melengkung halus ke bawah, tidak seperti wanita Indonesia yang suka puncak alis yang terlalu melengkung dan menukik tajam ke bawah.

Hal ini dibenarkan oleh Miss Korea 2009. "Orang Korea alisnya lebih lurus. Biar kelihatan lebih muda. Kalau orang Indonesia melengkung. Kesannya jadi lebih tua," ujarnya. Jadi Anda bisa meniru bentuk alis wanita Korea untuk memberi kesan lebih muda dan wajah yang lebih alami.

Contoh alis alami para selebritis Korea.

Selalu Bersihkan Sebelum Tidur

Karena wanita Korea suka memakai base makeup berlapis-lapis, maka mereka juga harus memastikan bahwa semua makeup bersih dari wajah sebelum tidur. Mereka sangat peduli dengan hal ini, maka jangan heran jika mereka jarang terkena masalah jerawat atau kulit iritasi akibat malas membersihkan wajah.

Wanita Korea juga rajin memakai masker alami (bisa Anda lihat di berbagai drama Korea). Mereka akan memakai masker, serum atau krim malam. Bagi mereka, memiliki setidaknya 30 menit untuk memakai masker dan merawat kulit akan menjadi investasi yang bagus, sebab merawat wajah adalah bagian dari kebutuhan.

Mudah bukan? Anda juga bisa meniru tips cantik wanita Korea. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading