Sukses

Beauty

Waspada! Ginjal Wanita Ini Dicuri Dokter Saat Operasi

Nasib malang menimpa seorang wanita di China. Ia menjadi korban organ trafficking atau pencurian organ tubuh.

Seperti dilansir dari dailymail.co.uk, seorang wanita bernama Xu Xiuying, (48), yang berasal dari kota Xiangcheng, provinsi Henan, China, mengklaim, jika ginjalnya telah dicuri oleh dokter, saat dirinya sedang di operasi usus besar.

Peristiwa tragis ini telah terjadi tujuh tahun yang lalu. Xu awalnya merasa punggungnya sakit, beberapa saat setelah dirinya dioperasi. Kemudian ia melakukan foto rontgen. Betapa kagetnya Xu saat mengetahui jika ginjalnya hilang.
Xu menunjukkan bekas operasi pada perutnya | foto: copyright dailymail.co.uk
Xu baru sadar, jika dokter telah mengambil organ ginjalnya yang sehat, kemudian menjualnya di pasar gelap.

Pada tahun 2006, Xu melakukan check up, dan hasilnya, dia memiliki dua ginjal yang sehat., tetapi, ia juga didiagnosa memiliki kanker usus besar dan harus segera dioperasi.

Xu mengaku, dirinya melakukan operasi dua kali pada rumah sakit yang berbeda. Nah, dia tidak tahu pasti kapan ginjalnya dicuri.

Ginjal yang sehat, jika dijual di pasar gelap bisa dihargai Rp 770 juta. Penyelidikan soal penjualan organ ilegal ini sedang diselidiki pihak berwenang.
Xu menunjukkan hasil rontgen, yang memperlihatkan bahwa ginjalnya tinggal satu | foto: copyright dailymail.co.uk
Xu telah mengupayakan kasus ini selama tujuh tahun, agar dirinya mendapat keadilan, tetapi, tidak cukup bukti, untuk membuktikan mana dari dua rumah sakit yang mencuri ginjalnya.

Xu mengklaim jika pencurian ginjal itu terjadi pada Rumah Sakit Rakyat Xiancheng atau Rumah Sakit Daerah di Xiancheng.

Namun, pengadilan menolak memutuskan siapa yang harus membayar denda, karena kurangnya bukti.

Perdagangan organ ilegal ini semakin marak karena harganya yang fantastis. Bayangkan saja, seluruh organ tubuh manusia usia dewasa, yang berfungsi secara normal, apabila dijual bisa bernilai Rp 6.5 miliar.
Pengadilan tidak bisa memutuskan rumah sakit mana yang bersalah, karena kurangnya bukti | foto: copyright dailymail.co.uk
Saat ini di Amerika saja, sekitar 113.000 orang sedang menantikan proses transplantasi organ tubuh. Belum lagi, kebutuhan organ untuk riset penelitian dan media ajar di sekolah kedokteran.

Dari sekian banyak orang yang sukses menjalani proses transplantasi organ, mungkin tidak mengetahui bahwa organ tubuh yang mereka dapatkan adalah hasil pencurian, bahkan pembunuhan.

Ginjal adalah organ tubuh yang paling mahal, baik diperoleh secara legal, maupun ilegal. Di Amerika Serikat, lebih dari 80 persen permintaan organ tubuh adalah untuk ginjal.

Di negara-negara, yang masyarakatnya banyak mengkonsumsi minuman keras, maka di situ ditemukan jumlah pasien yang mengalami kerusakan ginjal.

Salah satu hikmah yang bisa kita petik dari kasus ini adalah, bahwa nikmat sehat itu sungguh sangat mahal nilainya. Marilah kita senantiasa bersyukur dengan menjaga dan memelihara tubuh kita.

(vem/chi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading