Sukses

Beauty

Info Penting! 5 Tips Cegah Keputihan pada Wanita

Keputihan seringkali jadi hal yang mengkhawatirkan bagi banyak wanita. Belum lagi jika keputihan itu mulai menunjukkan gejala tak normal. Duh, selain bikin nggak nyaman, keputihan juga bisa membuat was-was karena risiko berbahaya yang mengintai di baliknya.

Tapi nggak usah keburu panik atau takut dulu, ya Ladies. Masih ada kok tips dan cara untuk mencegahnya. Dilansir dari everydayhealth.com, berikut ini lima tips yang bisa Anda ikuti untuk mencegah keputihan.

Menjaga Kebersihan Miss V
Samantha Dunham, MD, ginekolog di NYU Langone Medical Center dan profesor madya di NYU School of Medicine, New York City memaparkan bahwa menjaga Miss V tetap bersih bisa mencegah munculnya yeast (salah satu mikroorganisme yang termasuk dalam golongan fungi yang dibedakan bentuknya dari mould (kapang) karena berbentuk uniseluler).

Karena yeast bisa berkembang biak cepat di lingkungan lembab, penting sekali untuk selalu mengeringkan daerah Miss V setelah mandi atau buang air.


Memilih Pakaian yang Tepat
Gunakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun atau sutra yang dapat membuat daerah Miss V tetap kering. Kalau basah, segera ganti pakaian dalam Anda. Hindari pakaian atau baju yang terlalu ketat seperti pantihose, tights, dan leggings. Saat tidur, pilihlah baju yang longgar dan kalau bisa, tak perlu pakai pakaian dalam saat tidur untuk menjaga daerah Miss V Anda tetap kering.

Hindari Produk Pembersih Berparfum
Parfum bisa mengiritasi daerah sensitif di dalam Miss V Anda dan dapat meningkatkan risiko Anda terkena keputihan. Dunham memaparkan bahwa sebaiknya kita menghindari penggunaan produk kecantikan atau pembersih yang berparfum atau mengandung pewarna.

Tidur yang Cukup
Sistem kekebalan tubuh baik, maka perkembangbiakan yeast juga bisa tetap berada dalam level normal. Tapi kalau tidur kita kurang, sistem imun kita akan sulit untuk melakukan tugasnya dengan baik.

Cobalah tidur dengan jam tidur yang rutin. Hindari olahraga, minuman berkafein, dan makan berat tiga jam sebelum tidur.


Kalau Anda menderita diabetes, selalu pastikan kadar gula darah Anda dengan baik untuk menghindari keputihan.

Konsumsi Yogurt yang Mengandung Biakan Aktif
Untuk mencegah perkembangbiakan yeast yang tak terkontrol, sejumlah penelitian menyarankan kita agar mengonsumsi yogurt yang mengandung biakan aktif. Dunham juga menyarankan agar kita mengurangi konsumsi gula berlebihan. Ada beberapa bukti yang menyebutkan bahwa gula dapat mempercepat tubuhnya yeast.

Jika keputihan mulai menunjukkan gejala tak normal seperti berbau atau warna kecoklatan yang pekat, segera hubungi dokter. Setiap kali akan mengonsumsi obat atau anti-biotik, selalu pastikan untuk berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter, ya Ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading