Sukses

Beauty

4 Cara Ampuh Atasi Sensasi Terbakar di Lidah karena Kepedasan

Makan yang pedas-pedas sih memang enak, seperti bakso dengan saus sambal pedas, rujak dengan bumbu kacang pedas, atau mi goreng yang diberi irisan cabai rawit. Bagi Anda pecinta pedas, makanan serba pedas pasti bisa menambah nafsu makan. Tapi kalau kebablasan, sensasi terbakar di lidah pastinya membuat kita merasa tak nyaman.

Ladies, tahukah Anda bahwa untuk meredakan sensasi terbakar di lidah karena kepedasan, sebaiknya kita tak minum air putih? Dilansir dari medicaldaily.com, ada sejumlah cara ampuh yang bisa Anda pilih untuk bisa menghilangkan rasa pedas di lidah. Yuk, langsung kita simak saja uraian lengkapnya di bawah ini.

    Minum Segelas Susu

    Kasein, protein dalam susu, menurut American Chemical Society bisa memecah ikatan kapsain (yang terkandung dalam cabai) dalam saraf reseptor. Sehingga dengan minum susu, rasa pedas di lidah bisa berkurang.

    Makan Gula

    Gula bisa menetralkan rasa pedas di lidah. Saat kita kepedasan, kita bisa langsung mengatasinya dengan makan 1 sdt gula pasir. Gula pasir ini bisa menyerap minyak pedas dan menghadirkan sensasi rasa yang berbeda di lidah. Selain gula, alternatif lainnya adalah dengan madu.

    Makan Cokelat

    Kandungan lemak yang tinggi dalam cokelat bisa menghilangkan kapsain dari mulut. Ini karena kapsain lebih mudah larut di dalam lemak daripada air biasa. Cokelat yang lebih ampuh untuk meredakan rasa pedas adalah cokelat yang mengandung susu (milk chocolate) dan bukan cokelat hitam (dark chocolate). Sebabnya adalah karena milk chocolate, menurut United States Department of Agriculture, lebih kaya akan lemak dan kasein.

    Mengunyah Sepotong Roti

    Ingin rasa pedas di lidah cepat hilang? Kunyahlah sepotong roti. Roti ini bisa menyerap minyak kapsain yang membuat lidah terasa terbakar karena kepedasan. Nasi juga bisa digunakan sebagai alternatif lain dari roti, tapi kemampuannya untuk meredakan rasa pedas tidak seampuh roti.

Ladies, satu lagi tips yang mudah untuk mengatasi rasa pedas adalah dengan makan kerupuk. Kandungan minyak dalam kerupuk bisa meredakan sensasi terbakar di lidah karena kepedasan. Tips-tipsnya mudah sekali, kan?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading