Sukses

Beauty

Penting, Ini Sebab Dan Tindakan Yang Perlu Dilakukan Saat Terjadi Mimisan

Tubuh seringkali tidak terduga kapan akan drop atau sakit, dan saat itulah seringkali tubuh bisa mengalami mimisan. Namun apa sebabnya, apa yang harus diwaspadai dan bagaimana mengatasinya? Berikut ini jawaban MeetDoctor bersama dr. Rahajeng Arianggarini.

1. Apa penyebab mimisan?

Mimisan atau epsitaksis adalah terjadinya pendarahan dari hidung. Penyebabnya bisa bermacam-macam, namun paling sering yaitu adanya trauma atau benturan. Pada mimisan yang tidak didahului trauma dapat terjadi karena memang dinding pembuluh darah yang ada pada hidung tersebut lebih tipis daripada dinding pembuluh darah lain sehingga lebih mudah berdarah.

2. Mimisan seperti apa yang harus diwaspadai?

Pada umumnya, mimisan dapat berhenti dengan sendirinya, namun perlu diwaspadai bila mimisan/ darah yang keluar dari hidung banyak dan tidak kunjung berhenti.

3. Bagaimana cara mengatasi mimisan yang benar? (ada yang bilang hidung 'ditekan' daun sirih agar darahnya berhenti, apa benar?)

Bila anda mengalami mimisan, duduklah. Jangan tidur telentang sebab aliran darah ke hidung bertambah deras dan darah dapat tertelan ke belakang. Bungkukkan badannya anda sedikit ke depan lalu coba bernafas dari mulut sementara. Tekan cuping hidung selama kurang lebih lima menit.

Bila setelah lima menit mimisan belum berhenti, tekan lagi cuping hidung selama 10 menit. Jika masih tetap berdarah, datanglah ke UGD untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut.

Sumber: MeetDoctor

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading