Sukses

Beauty

Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi? Ini Menurut Sebuah Penelitian Ilmiah

Kebanyakan orang akan membuka hari dengan minum kopi pagi, bahkan sebelum sarapan. Bisa saja kopi menjadi sarapan itu sendiri. Ada juga yang lebih suka minum kopi saat sore atau bahkan malam hari. Namun baik kah minum kopi di waktu-waktu tersebut? Kapan sebenarnya waktu terbaik minum kopi?

Menurut sebuah penelitian, seperti dilansir dari health.com, waktu minum kopi terbaik adalah saat jam 9 pagi hingga setelahnya. Penelitian ini dilakukan berdasarkan ritme biologis manusia sepanjang hari dan mencocokkan komposisi dan kandungan kopi yang paling bermanfaat di tubuh pada saat kapan, dan ditemukan lah bahwa tubuh mengambil manfaat paling besar dari kopi saat jam 9 pagi hingga setelahnya.

Tingkat kewaspadaan dan konsentrasi tubuh sebagian besar dikendalikan oleh hormon kortisol dan tingkat paling tinggi hormon kortison berada pada kisaran jam 8 hingga jam 9 pagi hari. Dan minum kopi saat jam-jam ini akan membuat tingkat kewaspadaan dan konsentrasi seseorang semakin tinggi.

Tapi tentu saja efek minum kopi (tingkat konsentrasi dan kewaspadaan) pada jam tersebut bisa berbeda-beda pada tiap orang.  Ada banyak faktor yang memengaruhi hal ini, seperti kegiatan sehari-hari, ritme tidur dan umur seseorang. Yang pasti, minum kopi atau energy drink pada saat produksi hormon kortisol tinggi, akan sangat baik dalam meningkatkan level konsentrasi dan kesadaran diri.

Jadi, jika Anda biasa bekerja pada malam hari dan tidur saat pagi hingga siang hari, maka temukan sendiri kapan saat-saat terbaik minum kopi untuk meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi Anda. Tapi akan lebih baik jika Anda mengikuti ritme biologis tubuh yang normal agar lebih sehat Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading