Sukses

Beauty

Kalsium dan Tulang Jangan Sampai Terpisahkan

Berbicara tentang kalsium tentu tak lepas kaitannya dengan tulang. Kalsium memiliki peran yang baik dalam menjaga kesehatan tulang, terutama untuk mempertahankan kepadatannya dan menghindarkannya dari pengeroposan. Seiring dengan pertumbuhan badan, tulang juga akan ikut berkembang. Bila tidak ditopang dengan kebutuhan nutrisi yang cukup, seperti kalsium, maka bisa menyebabkan tulang menjadi rapuh dan berisiko mengalami osteoporosis di kemudian hari.

Menurut National Institute of Health, dalam jangka pendek, gejala kekurangan kalsium memang tidak begitu tampak. Hal ini dikarenakan tubuh mempertahankan kadar kalsium dalam darah dengan cara mengambil cadangan kalsium dari tulang. Akibat pengambilan cadangan kalsium pada tulang dalam kurun waktu yang cukup lama, sementara tubuh jarang menerima asupan kalsium yang cukup, tulang akan mengalami gangguan kesehatan secara bertahap.

Dalam jangka panjang, National Institute of Health, menjabarkan imbas minimnya asupan kalsium dalam tubuh, bakal memberikan dampak pengurangan massa tulang atau osteopenia hingga meningkatkanya risiko osteoporosis dan patah tulang. Sementara gejala kekurangan kalsium dalam jangka panjang menurut National Institute of Health, ditandai dengan munculnya mati rasa, kesemutan pada jari-jari kaki, hingga ritme detak jantung yang tak normal.

Itulah sebabnya, Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi beberapa makanan sumber terbaik kalsium setiap hari. Susu dan beragam olahannya seperti yogurt dan keju merupakan sumber kalsium utama yang penting untuk dimasukkan dalam menu harian. Bukan hanya itu, sayuran seperti brokoli dan ikan laut sejenis salmon juga sumber kalsium yang amat baik bagi tubuh. Jangan lupa, beragam olahan gandum baik roti, pasta maupun sereal juga menjadi sumber terbaik kalsium lho.

Kendati demikian, kebutuhan kalsium harian ternyata tidak bisa terpenuhi secara cukup hanya dari makanan. Tubuh juga memerlukan dukungan asupan kalsium yang cukup dari suplemen. Bahkan, beberapa suplemen kalsium ada yang mengandung nutrisi lain, seperti Vitamin D. Tinggal periksa label nutrisinya, apakah suplemen ini mengandung kalsium atau dengan tambahan nutrisi lain. Jangan lupa memperhatikan dosisnya ya, agar manfaat suplemen bisa lebih optimal.

Kebiasaan meminum suplemen kalsium ini harus dimulai sejak dini, untuk berinvestasi pada kesehatan tulang pada masa mendatang. Jadi, mulailah untuk mengonsumsi suplemen kalsium sekarang juga.

Yuk miliki tulang yang kuat dengan mencukupi kebutuhan kalsium harian Anda.

(vem/tmi/tmi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading