Sukses

Beauty

Mitosnya Kita Tidak Perlu Vaksinasi Karena Bahaya, Benarkah?

Melakukan vaksinasi adalah suatu keharusan untuk mencegah banyak penyakit yang mampu membahayakan kesehatan Anda. Selalu disarankan untuk Anda mengikuti jadwal vaksinasi yang sempurna untuk anak Anda sejak kelahirannya. Hal ini akan menjaga sistem kekebalan tubuh mereka terhadap banyak infeksi. Namun ada mitos tentang vaksinasi yang beredar di masyarakat yang pada kenyataannya itu tidak benar sama sekali. Berikut mitos-mitos tersebut seperti yang dilansir oleh boldsky.com

    Vaksinasi Tidak Perlu

    Ada orang yang percaya bahwa menjaga kebersihan dan sanitasi lebih baik dalam menghilangkan penyakit dan vaksinasi tidak diperlukan. Banyak orang tua percaya bahwa imunisasi alami lebih baik daripada vaksinasi, namun pada kenyatannya ada banyak penyakit lain yang dapat menyebar terlepas dari bagaimana bersihnya Anda.

    Memiliki Efek Samping Jangka Panjang

    Salah satu mitos yang paling merusak ilmu pengetahuan adalah bahwa reaksi dan efek samping yang disebabkan oleh vaksin akan berlangsung lama. Reaksi seperti lengan sakit atau deman ringan adalah hal yang umum terjadi, tapi ini tidak akan menyebabkan efek samping yang berlangsung dalam jangka panjang.

    Berhubungan Dengan Sudden Infant Death Syndrome (SIDS)

    Sudden Infant Death Syndrome atau SIDS adalah suatu kematian yang mendadak dan tidak terduga pada bayi yang tampaknya sehat. Ini mitos umum karena vaksinasi untuk tetanus, difteri dan batuk rejan diberikan pada usia SIDS bisa terjadi. Namun pada kenyataannya ini tidak mempunyai hubungan sama sekali

    Penyakit Sudah Diberantas

    Mitos ini menyatakan bahwa vaksinasi tidak diperlukan jika penyakit tersebut sudah diberantas. Dengan vaksinasi, telah banyak penyakit yang diberantas di berbagai belahan dunia. Namun kenyataannya, Anda selalu mempunyai risiko terkena infeksi pada setiap saat tidak peduli seberapa kuat Anda percaya bahwa penyakit itu sudah diberantas.

    Wanita Hamil Tidak Bisa Melakukan Vaksinasi

    Wanita hamil memang tidak mengambil beberapa vaksin tertentu seperti vaksin cacar air. Tetapi pada saat yang sama ada banyak vaksinasi yang dirancang khusus bagi wanita hamil. Ini umumnya tergantung pada negara Anda tinggal, risiko mendapatkan penyakit tertentu dan kependudukannya.

Ladies, itulah 5 mitos tentang vaksin yang faktanya jauh dari kebenaran. Pada kenyataannya, vaksinasi adalah langkah pertama yang bisa Anda ambil untuk hidup sehat.

(vem/hws)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading