Sukses

Beauty

4 Trik Ampuh Cegah Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Saat bulan puasa seperti ini, bedug maghrib adalah yang paling ditunggu. Momen berbuka puasa jadi momen yang paling dinantikan. Hanya saja ketika sudah berbuka puasa, tetap kontrol diri ya.

Kalau sudah berbuka puasa, rasanya pasti sulit untuk menahan godaan berbagai hidangan. Mulai dari ragam menu takjil menggoda selera serta hidangan utama yang begitu lezat. Kalau kita tak bisa mengendalikan diri, kita bisa-bisa kalap dan melahap semua makanan yang ada. Padahal hal tersebut kurang baik, lho.

Nah, supaya saat berbuka puasa Anda tetap bisa mengontrol diri dan tak makan berlebihan, ikuti empat trik ini. Trik-trik ini sebenarnya sepele tapi kalau bisa diikuti dengan baik, Anda bisa merasakan kenikmatan berbuka puasa yang luar biasa.

    Awali dengan Segelas Air Putih

    Sebelum menyantap menu apapun, awali buka puasa Anda dengan meminum segelas air putih. Nikmati setiap tegukannya, tak perlu terburu-buru. Rasakan bagaimana air mengalir melewati tenggorokan hingga ke perut Anda. Cara ini bisa membantu mengembalikan sistem metabolisme tubuh Anda dengan baik.

    Ambil Hidangan Takjil dalam Porsi Kecil

    Meski lapar, bukan berarti Anda langsung mengambil porsi besar makanan. Ambil porsi kecil terlebih dahulu. Setiap suapan yang masuk harus dikunyah benar-benar sebelum ditelan. Mungkin agak susah ya menahan godaan makan, tapi demi kesehatan Anda, memang lebih baik Anda lebih bersabar dan mengontrol diri.

    Beri Jeda Waktu Sebelum Makan Hidangan Utama

    Anda bisa beri jeda waktu beberapa menit sebelum menikmati hidangan utama. Misal, Anda bisa menunaikan salat Maghrib terlebih dahulu sebelum makan hidangan utama. Setelah puasa seharian, perut butuh waktu untuk kembali bekerja mencerna makanan Anda. So, berikan waktu selang beberapa menit usai menikmati hidangan takjil sebelum menyantap menu utama.

    Makan dengan Rapi

    Gunakan piring, sendok, garpu ketika makan. Nikmati makanan Anda dengan rapi dan nyaman. Secara psikologis, cara ini juga membuat Anda lebih "rapi" dalam memasukkan makanan ke mulut. Saat mengunyah makanan, kunyah dengan cara perlahan-lahan. Saat menyendokkan makanan, ambil makanan yang cukup.

Demi puasa yang lebih berkah dan pahala berlimpah, tetap berusaha untuk mengontrol diri, ya. Bulan suci ini memang saat yang tepat untuk memperbaiki kebiasaan-kebiasaan buruk dan menciptakan pola hidup yang lebih sehat.

 

 
(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading