Sukses

Beauty

Warnai Rambut Anda dengan 4 Bahan Alami Ini!

Rambut hitam memang menjadi patokan kecantikan bagi sebagian wanita. Namun, ada kalanya kita merasa bosan dengan warna rambut yang itu-itu saja. Jika sudah demikian, kita mulai bereksperimen dengan mewarnai rambut kita. Cara paling praktis untuk mewarnai rambut yang biasa menjadi pilihan sebagian besar wanita adalah dengan pergi ke salon atau dengan menggunakan pewarna rambut yang dijual di pasaran.

Meski mudah dan praktis, mewarnai rambut dengan cara-cara ini memiliki efek samping jangka pendek maupun jangka panjang yang dapat merugikan rambut kita. Sebab, bahan-bahan kimia yang biasa terkandung dalam cairan pewarna rambut dapat merusak kesehatan akar rambut, membuat rambut menjadi rontok dan mudah patah.

Nah, untuk menghindari kerusakan pada rambut yang diakibatkan oleh zat kimia pada pewarna rambut, sebaiknya Anda mencoba bahan-bahan alami untuk mewarnai rambut Anda. Menggunakan cara-cara alami dengan bahan-bahan tradisional mungkin terkesan ribet dan memakan cukup banyak waktu, tapi cara-cara ini jauh lebih aman karena tidak akan menimbulkan efek samping yang merugikan bagi rambut Anda di kemudian hari. So, apa saja bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagai pewarna rambut alami? Berikut rangkuman selengkapnya.

    Buah Bit

    Buah bit atau lebih dikenal dengan nama akar bit adalah bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai pewarna rambut. Buah berwarna merah yang kaya akan kandungan zat antosianin akan memberikan warna merah kecoklatan ketika digunakan sebagai bahan alami pewarna rambut.

    Bunga Calendula

    Dilansir dari wellnessmama.com, bunga dari famili Asteraceae ini banyak dikenal karena manfaat herbalnya karena banyak mengandung flavonoids yang berfungsi sebagai zat anti-inflamasi Jika Anda menginginkan rambut oranye kecoklatan, tumbuklah bunga calendula ini bersama dengan kelopak bunga hibiskus, lalu rendam dengan 2 cangkir air selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu aplikasikan cairan pewarna rambut alami ini ke rambut Anda, dan tunggu hingga mengering.

    Bunga Sepatu

    Jika Anda menginginkan warna rambut burgundy, bunga sepatu dapat Anda gunakan sebagai bahan alami untuk mewarnai rambut Anda. Untuk membuat pewarna alami rambut, tumbuk segenggam kelopak bunga sepatu dengan bunga mawar, lalu rendam ke dalam 2 cangkir air.

    Daun Jelatang

    Tumbuk daun jelatang bersama dengan daun rosemary untuk mendapatkan warna coklat alami pada rambut Anda. Selain dapat memberi warna coklat alami pada rambut, kombinasi daun jelatang dan rosemary ini juga akan membantu rambut Anda untuk tumbuh lebih kuat dan subur karena kandungan flavonoids, fosfor, kalsium, dan magnesium yang tinggi pada kedua daun ini.


Nah, itulah 4 bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai pewarna alami rambut. Semoga Anda bisa mendapatkan warna rambut yang Anda inginkan dengan cara yang alami dan aman.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading