Sukses

Beauty

Ngantuk Waktu Belajar di Malam Hari, Eits Jangan Tidur! Tips Ini Akan Selamatkan Kamu

Belajar merupakan kebutuhan yang tidak bisa kita hindari. Tapi, seringkali kita mendapatkan banyak godaan saat akan mulai belajar, terutama saat kita ingin belajar pada malam hari. Salah satu godaan terbesar ketika kita ingin belajar di malam hari adalah rasa kantuk. Rasa ngantuk ketika akan belajar ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya karena tubuh kita mengalami kelelahan setelah seharian beraktivitas.

Nah, untuk menghindari rasa ngantuk saat akan belajar di malam hari ini, kamu bisa melakukan cara-cara berikut.

    Hindari Olahraga Berlebihan

    Olahraga memang sangat baik untuk tubuh, tapi jika kita memaksakan diri kita untuk berolahraga dalam jangka waktu berjam-jam pada siang hari, kemungkinan tubuh kita akan mengalami kelelahan akan sangat besar. Akibatnya, kita akan merasa lebih cepat ngantuk daripada biasanya. So, jika kamu sudah berencana akan belajar malam ini, sebaiknya persiapkan fisik kamu agar tidak terlalu kelelahan saat belajar nanti malam.

    Nyalakan Lampu Kamar

    Dilansir dari laman medlicker.com, kebanyakan orang melakukan kesalahan dengan lebih memilih lampu belajar saat akan belajar daripada menyalakan lampu ruangan. Padahal suasana temaram yang dipancarkan dari lampu belajar justru akan membuat kita merasa cepat ngantuk saat belajar di malam hari. Hal ini dikarenakan reaksi tubuh yang otomatis akan menghasilkan hormon melatonin yang bertanggungjawab membuat kita merasa ngantuk ketika keadaan gelap maupun setengah gelap. Jadi, pastikan kamu menyalakan lampu kamar kamu jika kamu ingin belajar tanpa dibayangi rasa ngantuk.

    Jangan Berbaring di Tempat Tidur

    Jika kamu ingin belajar, belajarlah dengan serius dan dengan posisi yang benar. Duduklah di meja belajar kamu atau setidaknya gunakan meja belajar lipat untuk belajar. Jangan berbaring di tempat tidur dan belajar. Sebab, belajar dengan posisi tidur akan membuat kamu berada pada posisi nyaman dan akhirnya, "bye-bye" belajar.

    Hindari Makan Makanan Berat Sebelum Belajar

    Makanan berat seperti karbohidrat akan membuat kamu merasa lebih cepat ngantuk. So, jika kamu sudah berencana akan belajar setelah makan malam, hindari makanan berat dan pilihlah makanan ringan seperti buah yang tetap mengenyangkan walau rendah karbohidrat.

    Hindari Materi yang Terlalu Sulit

    Berhadapan dengan materi yang terlalu sulit dan belum benar-benar kamu kuasai akan membuat kamu merasa lebih cepat bosan dalam belajar. Akibatnya, kamu akan lebih cepat menyerah pada panggilan tempat tidur untuk segera lelap dalam mimpi. So, jika kamu ingin belajar di malam hari, pilihlah materi yang menyenangkan dan mudah untuk kamu pahami agar kamu bisa lebih betah dan terhindar dari ngantuk.

Nah, itulah tips agar kamu tak ngantuk saat sedang belajar di malam hari. Semoga malam ini kamu bisa belajar dengan lancar tanpa diganggu dengan rasa kantuk ya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading