Sukses

Beauty

Walau Sering Bikin Menangis, Bawang Merah Punya Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Bawang merah dikenal bukan hanya karena rasanya yang gurih saat digoreng, tapi juga karena baunya yang khas dan menyengat. Selain itu, saudara dari bawang putih ini juga terkenal karena sifatnya yang seringkali membuat air mata kita tidak berhenti menetes saat mengupasnya. Meski seringkali membuat kita menangis, kandungan bawang merah ini ternyata sangat baik bagi tubuh, lho.

Bawang merah mengandung kurang lebih 12% (dari % AKG) vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga sistem imun tubuh agar kebal dari penyakit seperti flu, batuk, dan pilek. Selain itu, dilansir dalam laman whfoods.org, bawang merah juga kaya akan kandungan sulfur, seperti thiosulfinat, sulfida, sulfur oksida dan campuran belerang berbau lainnya. Thiosulfinates dalam bawang merah menghasilkan zat anti-bakteri, oleh sebab itu bawang merah dikenal efektif melawan infeksi yang disebabkan oleh banyak bakteri, termasuk Bacillus subtilis, Salmonella, dan E. coli.

Selain kaya kandungan sulfur, bawang merah juga merupakan sumber yang kaya frukto-oligosakarida. Oligomer tersebut dapat merangsang pertumbuhan bakteri bifido sehat yang menekan pertumbuhan bakteri berbahaya dalam usus besar. Selain itu, Oligomer ini juga berfungsi untuk mengurangi risiko tumor yang dapat berkembang di usus besar.

Manfaat bawang merah tidak berhenti di situ saja lho! Sebab, bawang merah ternyata juga dapat Anda gunakan untuk meningkatkan nafsu makan bagi si kecil yang bermasalah. Dan, penggunaan bawang merah untuk meningkatkan nafsu makan yang buruk ini sudah diakui oleh World Health Organization (WHO) lho!

Selain itu, ekstrak bawang merah juga diakui oleh WHO dapat membantu mengobati batuk dan pilek, asma dan bronkitis. Serta merupakan solusi yang efektif untuk mencegah penyempitan pembuluh darah dalam tubuh. Wow!

Nah, dengan segudang kandungan dan manfaat yang dimiliki oleh bawang merah ini, tentunya Anda sudah tidak perlu ragu-ragu lagi untuk meningkatkan konsumsi bawang merah dalam menu sehari-hari dong?

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading