Sukses

Beauty

4 Makanan Enak Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Diabetes

Bagi para penderita diabetes, sudah semestinya untuk selalu memperhatikan pola makan dan juga makanan sehari-hari yang harusnya dikonsumsi dan makanan yang seharusnya dihindari. Tidak semua makanan bisa dimakan dengan mudah oleh para penderita diabetes. Karena, jika penderita diabetes mengkonsumsi makanan yang salah, hal ini membuat penyakit yang diderita menjadi semakin parah. Bukan hanya itu saja, konsumsi makanan yang salah juga bisa memicu terjadinya penyakit komplikasi dalam tubuh.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir Ladies. Seorang ahli gizi bernama Amy Hess Fischl, RDN dari University of Chicago mengungkapkan jika penderita diabetes ingin tetap sehat dan penyakit yang diderita tidak semakin parah, hal utama yang perlu dilakukan adalah konsumsi makanan rendah gula dan makanan yang bisa menurunkan tekanan darah maupun menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dilansir dari laman prervention.com, berikut ini adalah beberapa makanan enak dan sehat yang sebaiknya dikonsumsi penderita diabetes.

    Ubi Jalar

    Ubi jalar merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi dan dipercaya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dalam penelitian, ubi jalar telah menunjukkan bisa mengurangi A1C hingga 0,5%. Dengan kemampuannya inilah, ubi jalar dipercaya sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Ubi jalar disebutkan bahwa ia juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung, kanker dan penyakit kronis lainnya.

    Ikan Salmon

    American Diabetes Assosiation (ADA) menyebutkan jika ikan salmon sangat baik bila dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Kandungan omega 3 dan asam lemak di dalamnya terbukti ampuh mengatasi risiko jantung, diabetes maupun ginjal. Tidak hanya itu saja, kandungan protein pada ikan salmon disebutkan bahwa ia sangat baik dan menurunkan lonjakan gula darah dan membuat kondisi kesehatan Anda tetap stabil.

    Kacang-Kacangan

    Penelitian menyebutkan jika kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang kaya akan serat. Serat di dalam kacang-kacangan ini bahkan dikatakan sangat baik untuk menyerap glukosa dalam darah yang berlebih. Tidak heran, jika kacang-kacangan merupakan salah satu makanan enak dan terbaik untuk penderita diabetes. Selain baik untuk penderita diabetes, kacang-kacangan juga bisa menurunkan risiko stroke dan mengatur pelepasan insulin dalam tubuh.

    Bawang Putih

    Beberapa study menyebutkan jika bawang putih merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung banyak zat antioksidan dan dipercaya mampu menurunkan kolesterol serta mengatasi diabetes. Tidak hanya itu saja, bawang putih juga dipercaya bisa menurunkan tekanan darah yang biasanya sangat berpengaruh pada diabetes. Selain bawang putih, bawang merah juga merupakan makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Ladies, itulah beberapa makanan enak dan terbaik untuk penderita diabetes. Makanan lain yang disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes antara lain adalah putih telur, gandum, blueberry, kinoa, jahe, tomat, yogurt tanpa lemak, minyak zaitun dan sayur bayam. Agar tubuh tetap sehat dan terbebas dari diabetes, pastikan untuk mengurangi asupan gula, soda, makanan berlemak dan makanan tidak sehat lainnya. Miliki olahraga yang cukup setiap hari dan perbanyak minum air putih. Sekian informasi yang dapat kami berikan dan semoga bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading