Sukses

Beauty

Stroke Hanya Menyerang Orang Tua? Pikir lagi Mulai Sekarang

Serangan stroke memang paling besar kemungkinannya terjadi pada orang-orang dengan usia di atas 60 atau 65 tahun. Orang dengan usia di bawah usia tersebut tidak berisiko tinggi mengalami stroke. Tapi ternyata kamu yang masih berusia muda juga perlu waspada dengan serangan stroke lho Ladies.

Seperti dikutip dari indiatimes.com, menurut penelitian oleh Public Health Foundation of India, stroke bisa menyerang siapa saja dengan usia yang lebih muda (di bawah 60 tahun), dan bahkan 10-15% kasus stroke terjadi pada orang-orang dengan usia di bawah 40 tahun. Penelitian tersebut juga menemukan bahwa pria punya kemungkinan lebih besar mengalami stroke dibanding wanita.

Meningkatnya angka serangan stroke pada orang-orang dewasa berusia muda disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Semakin banyaknya orang yang mengalami hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes, obesitas, ketagihan rokok dan minuman keras menjadi pemicu-pemicu utama terjadinya serangan stroke tiba-tiba.

Stroke sendiri terjadi ketika darah yang mengalir ke otak terhambat di pembuluh darah, menyebabkan penyumbatan dan pecahnya pembuluh darah yang kemudian menimbulkan gangguan fungsi otak. Bukan hanya pemicu secara fisik, para penderita stroke juga dipicu dengan kesehatan mental mereka seperti terlalu sering mengalami stres, sakit hati, emosional, mudah marah atau tersinggung dan lain sebagainya.

Apakah aktif secara fisik akan membantu mencegah terjadinya serangan stroke? Kegiatan fisik seperti olahraga rutin memang menjadi salah satu cara menjaga tubuh bugar, namun bukan berarti bisa menghapuskan kesempatan terjadinya stroke. Latihan fisik yang rutin juga perlu diimbangi dengan gaya hidup sehat lainnya secara umum, seperti berhenti merokok, minum alkohol, dan makan makanan kaya gizi.

Makan dengan "benar" adalah salah satu cara mencegah stroke. Masyarakat zaman sekarang kebanyakan terjebak dalam pola makan cafetaria yang cenderung kaya kalori, gula dan garam namun miskin nutrisi. Jika kamu bisa mengimbangi pola makan dengan asupan yang baik dan makan dengan "benar", ini adalah jalan untuk menghindari stroke di usia dini Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading