Sukses

Beauty

Susah Konsentrasi Karena Ngantuk Saat Belajar pada Malam Hari? Solusi Ini Akan Membantumu

Belajar merupakan kebutuhan yang tidak bisa kita hindari. Tapi, seringkali kita mendapatkan banyak godaan saat akan mulai belajar, terutama saat kita ingin belajar pada malam hari. Salah satu godaan terbesar ketika kita ingin belajar di malam hari adalah susahnya berkonsentrasi karena rasa kantuk.

Seperti dilansir dari laman laman medlicker.com, susahnya konsentrasi karena rasa ngantuk ketika akan belajar ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya karena tubuh kita mengalami kelelahan setelah seharian beraktivitas. Nah, untuk menghindari susahnya konsentrasi karena rasa ngantuk saat akan belajar di malam hari, kamu bisa melakukan cara-cara berikut.

    Hindari Materi yang Terlalu Sulit

    Berhadapan dengan materi yang terlalu sulit dan belum benar-benar kamu kuasai akan membuat kamu merasa lebih cepat bosan dalam belajar. Akibatnya, konsentrasi akan kacau dan kamu akan lebih cepat menyerah pada panggilan tempat tidur untuk segera lelap dalam mimpi.

    Gunakan Lampu Ruangan, Bukan Lampu Belajar

    Kebanyakan orang melakukan kesalahan dengan lebih memilih lampu belajar saat akan belajar daripada menyalakan lampu ruangan. Padahal suasana temaram yang dipancarkan dari lampu belajar justru akan membuat kita merasa cepat ngantukĀ  dan susah berkonsentrasi saat belajar di malam hari. Hal ini dikarenakan reaksi tubuh yang otomatis akan menghasilkan hormon melatonin yang membuat kita merasa ngantuk.

    Belajar dengan Posisi Tegak

    Jika kamu ingin belajar, belajarlah dengan serius dan dengan posisi yang benar. Duduklah di meja belajar kamu atau setidaknya gunakan meja belajar lipat untuk belajar. Jangan berbaring di tempat tidur dan belajar. Sebab, belajar dengan posisi tidur akan membuat kamu berada pada posisi nyaman dan akhirnya, "bye-bye" belajar.

    Hindari Olahraga Berlebihan

    Olahraga memang sangat baik untuk tubuh, tapi jika kita memaksakan diri kita untuk berolahraga dalam jangka waktu berjam-jam pada siang hari, kemungkinan tubuh kita akan mengalami kelelahan akan sangat besar. Jika kita lelah, kita akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi saat belajar di malam hari karena merasa ngantuk.

    Hindari Makan Makanan Berat Sebelum Belajar

    Makanan berat seperti karbohidrat akan membuat kamu merasa lebih cepat ngantuk dan susah berkonsentrasi. So, jika kamu sudah berencana akan belajar setelah makan malam, hindari makanan berat dan pilihlah makanan ringan seperti buah yang tetap mengenyangkan walau rendah karbohidrat.

Nah, itulah beberapa cara agar kamu bisa tetap berkonsentrasi belajar pada malam hari dan terhindar dari rasa kantuk. Semoga belajarmu malam ini lancar ya, Ladies!



(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading