Sukses

Beauty

Waspada, Cairan dan Benda Asing dalam Telinga Sebabkan Penyakit Tuli

Tuli dibedakan menjadi beberapa bagian, satu di antaranya adalah tuli konduktif. Tuli konduktif terjadi apabila terdapat masalah mekanis pada saluran telinga (atau di dalam telinga tengah) yang menghalangi terhantarnya bunyi. Penyakit tuli konduktif ini biasanya bersifat sementara. meski demikian, kita harus tetap waspada ya, Ladies. Sebab bisa jadi hal-hal yang kita anggap biasa ternyata bisa menjadi penyebab terjadinya ketulian (duh!). So, apa saja yang menjadi penyebab penyakit tuli konduktif?

Seperti disebutkan www.betterhealth.vic.gov.au, salah satu penyebab tuli konduktif adalah adanya cairan atau benda asing di dalam saluran telinga. Kenyataan ini, tentu membuat kita, para Bunda khususnya, harus lebih berhati-hati. Karena biasanya anak-anak, apalagi yang masih berusia di kisaran 2-4 tahun, memiliki kecenderungan terhadap rasa penasaran untuk memasukkan benda-benda asing ke dalam anggota tubuhnya, termasuk telinga. Wah! bisa bahaya kan?

Adanya benda asing pada liang telinga, baik berupa cairan, biji-bijian ataupun serangga dapat mengganggu konduksi atau hantaran suara. Gangguan pendengaran bisa terjadi akibat sumbatan langsung pada liang telinga maupun karena penderita mencoba membersihkan benda asing tersebut, sehingga benda asing tersebut beresiko akan masuk dan terdorong ke bagian tulang kanalis yang menyebabkan terjadinya laserasi kulit membran timpani.

Jika sudah demikian, maka akan terasa nyeri di telinga dan terjadi penurunan pendengaran. Oleh sebab itu, kita harus sangat berhati-hati jika akan mengeluarkan benda asing tersebut dari dalam telinga. sebab jika tak berhati0hati, akibat terparah yang bisa ditimbulkan dari masuknya benda asing ini ke bagian dalam telinga adalah meningkatnya resiko meningitis!

So, lebih cermat dan berhati-hati terhadap benda-benda asing yang masuk dalam telinga ya. Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading