Sukses

Beauty

5 Tips Perawatan Kaki Khusus Penderita Diabetes

Penderita diabetes rentan dengan luka di tubuhnya. Kaki adalah salah satu bagian tubuh penderita diabetes yang harus dijaga dan dihindarkan dari luka sekecil apapun. Jika perawatannya tidak seksama, luka yang memborok dapat mengakibatkan infeksi yang berbahaya hingga berujung tindakan amputasi.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat kaki jika Anda atau kerabat Anda menderita diabetes, seperti yang dilansir oleh thehealthsite.com:

    Jagalah Kaki Tetap Kering dan Bersih

    Secara teratur, cuci dan keringkan kaki menggunakan sabun yang lembut dan air hangat. Keringkan kaki terutama di bagian sela-sela jari.

    Gunakan Lotion Secara Teratur

    Penggunaan lotion dapat menghindarkan kaki dari masalah kulit seperti pecah-pecah. Oleskan lotion untuk kulit tipis dan ratakan.

    Rapikan Kuku Kaki

    Gunting dan rapikan kuku kaki sekali seminggu atau sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk menghaluskan ujung-ujung kuku setelah digunting agar tidak melukai. Hindari menggunting kutikula kuku dan sudut kuku yang masuk ke dalam daging agar tidak terluka. Jika Anda kesulitan melakukannya, kami sarankan mengunjungi salon kecantikan kuku atau dokter.

    Hindari Berjalan Tanpa Alas Kaki

    Selalu gunakan alas kaki, terutama saat berjalan di tempat terbuka. Benda-benda kecil seperti kerikil atau pecahan kaca yang tak terlihat dapat berbahaya untuk kaki Anda.

    Belilah Sepatu Yang Pas dan Nyaman

    Selalu lindungi kaki Anda dengan sepatu yang pas dan nyaman. Hindari sepatu dengan bentuk meruncing pada bagian ujungnya, berhak tinggi atau dengan ujung terbuka yang berpotensi terantuk atau terkena benda-benda yang melukai.

Bagi penderita diabetes, luka tak dapat disepelekan begitu saja. Mencegah terjadinya luka adalah hal yang memerlukan perhatian khusus. Semoga tips ini dapat berguna bagi Anda ya, Ladies.

(vem/wnd)
What's On Fimela
Loading