Sukses

Beauty

Lari Treadmill Bisa Membahayakan Lutut? Pelajari Cara Yang Benar Berikut Ini

Lari adalah salah satu olahraga terbaik untuk menjaga kesehatan jantung dan membakar lemak, sekaligus meningkatkan kapasitas paru-paru saat bernafas dan mengencangkan tubuh. Jika kamu tak punya waktu untuk berlari di luar rumah atau malu berlari sendirian tanpa teman, kamu juga bisa berlari di dalam rumah dengan bantuan alat gym bernama treadmill.

Treadmill sudah jadi salah satu alat paling populer untuk olahraga lari bagi mereka yang tak bisa berlari di luar rumah. Tapi menggunakan treadmill pun juga penting diperhatikan agar tidak justru menyebabkan masalah kesehatan. Bagaimana bisa treadmill menyebabkan masalah kesehatan?

Dikutip dari boldsky.com, ternyata berlari menggunakan treadmill terlalu lama dengan postur yang salah bisa membahayakan lutut kamu. Ada tendon dan ligamen yang menghubungkan dengan otot  pada lutut dan jika kamu mengalami cidera, bisa berakibat fatal.

Cidera yang sering terjadi pada lutut seperti misalnya nyeri sendi. Berlari secara alami di luar ruangan juga memiliki risiko kamu mengalami cidera lutut, namun menggunakan treadmill akan meningkatkan potensi terjadinya cidera. Postur yang baik adalah dengan tubuh tegak dan kaki menapak ringan.

Ini mungkin disebabkan oleh ban berjalan yang ada di treadmill membuat kaki mengalami tekanan yang lebih besar daripada jika kamu berlari di tanah. Untuk menghindari cidera karena berlari di atas treadmill, kamu bisa menggunakan pelindung lutut.

Kamu juga perlu memperhatikan berapa lama kamu lari di atas treadmill. Waktu paling lama yang bisa kamu lakukan adalah tidak lebih dari 1,5 jam. Terlalu lama berlari di treadmill bisa memberi tekanan terlalu besar pada sendi lutut.

Selalu perhatikan waktu latihan dan postur tubuh kamu saat berlari di atas tredmill ya Ladies. Dan selalu pastikan kamu mengambil melakukan pemanasan dulu sebelum berlari cepat dan beri waktu istirahat beberapa menit sekali.






 


(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading