Sukses

Beauty

Dari Fisik Hingga Mental, 7 Hal Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kamu Bekerja Seharian

Meski mungkin kamu tak bisa merasakan seperti apa pengaruh bekerja selama sehari pada tubuhmu, tapi jelas tubuh kamu menunjukkan reaksi terhadap aktivitas kerja. Meski memang pekerjaan di kantor membuatmu bertahan hidup, bekerja juga bisa jadi bumerang yang membahayakan tubuh.
 
Dan jika kamu ingin tahu mengapa bekerja bisa membahayakan tubuh, kamu perlu tahu bahwa sekian hal inilah yang terjadi pada tubuh fisik dan mental kamu setelah bekerja seharian.

Mata
Melihat layar komputer berjam-jam lamanya tanpa sering berkedip bisa membuat mata kering. Hal ini menjadi alasan kamu mengalami pandangan kabur, jadi mudah pusing, dan bahkan mengalami tekanan pada bola mata. Biasakan untuk melihat ke kejauhan selama 20 menit sekali untuk tetap melatih mata.

copyright by Design by Katja Cho

Telinga
Menyumpal telinga dengan headset atau earphone untuk mendengarkan musik favorit mungkin akan membantumu lebih konsentrasi dan meningkatkan mood, tapi hati-hati karena terlalu mendengarkan suara sangat dekat bisa menurunkan kemampuan pendengaran. Kamu jadi tidak begitu peka terhadap suara.

Berat badan
Terlalu banyak duduk dan tidak banyak melakukan aktivitas fisik adalah penyebab utama penumpukan lemak tubuh dan memicu tingginya kadar gula darah. Belum lagi, saat tekanan kerja menghadang, kebanyakan orang akan terjerumus dalam kebiasaan ngemil yang akan memperbesar kemungkinan obesitas saat bekerja.

Tulang belakang
Karena duduk terlalu lama, kemungkinan besar kamu tidak menjaga postur tubuh saat mengetik di depan komputer. Hal ini bisa menyebabkan tubuh kamu bungkuk dan kamu bisa mengalami nyeri punggung yang membahayakan.

copyright by Design by Katja Cho

Jantung
Penyakit jantung berhubungan erat dengan aktivitas harian kamu, apalagi jika kamu duduk terus berjam-jam lamanya, ini meningkatkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Otak
Lucunya, bekerja justru membuatmu bodoh. Mengetik dan fokus pada satu hal terus-menerus bisa menurunkan kemampuan imajinasi, kreativitas, dan memori.

Kesehatan Mental
Terlalu keras bekerja bisa menyebabkan stres, dan stres bisa memicu produksi hormon yang membuatmu tidak bahagia, gampang marah, lelah dan memperburuk kesehatan. Stres yang ditumpuk bisa jadi penyakit, mental maupun fisik.

Jadi, jika ingin sehat, apakah kamu harus berhenti kerja? Tidak. Meski memang bekerja di kantor memberi banyak efek negatif bagi tubuh, tapi jika kamu mengimbanginya dengan olahraga dan pola makan yang sehat, kamu juga bisa mengurangi risiko penyakit. So, happy working and keep healthy ya Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading