Sukses

Beauty

Menurut Penelitian, Emosi Sedih Bikin Hidupmu Lebih Baik

Rasa sedih dan bad mood itu tak selamanya buruk, lho. Bahkan dampaknya bisa sangat positif dan baik untukmu. Nggak percaya?

Joe Forgas, seorang psikolog sosial terkemuka telah menghabiskan waktu bertahun-tahun mempelajari topik tentang kesedihan. Dilansir dari psychologytoday.com, ia dan para koleganya menemukan hal yang mengejutkan dari efek rasa sedih. Dalam Current Directions in Psychological Science, dijelaskan bahwa emosi sedih bisa meningkatkan daya pikir, motivasi, hingga kehidupan sosial.

Dengan kata lain, emosi sedih ternyata bisa bikin hidupmu lebih baik. Tak hanya untuk kesehatan tubuh tapi juga kesehatan mental.

Dari hasil penelitian Joe, ada tujuh manfaat yang bisa kita peroleh saat kita merasa sedih atau bad mood. Let's take a look!

1. Meningkatkan daya ingat. Orang yang sedih akan lebih peka dengan keadaan sekelilingnya, sehingga ia bisa lebih mudah mengingat hal-hal yang terjadi.

2. Memiliki penilaian yang akurat. Good mood atau perasaan bahagia bisa membuat penilaian kita bias. Sebaliknya, saat bad mood atau sedih kita jadi bisa lebih mudah membuat penilaian yang lebih akurat.

3. Tak mudah tertipu. Saat sedih, kita jadi lebih awas dan bisa mendeteksi siapa yang yang tulus/jujur dan siapa yang tidak.

4. Mengurangi stereotipe negatif.

5. Bisa memiliki motivasi yang kuat. Saat sedih, kita akan "dipaksa" untuk berjuang lebih keras dari biasanya. Hasilnya, motivasi yang kita punya bisa jauh lebih kuat dan tinggi dari sebelumnya.

6. Meningkatkan keramahan. Dibandingkan orang-orang yang baru menonton film bahagia, orang yang baru menonton film sedih cenderung bisa lebih ramah saat meminta sesuatu.

7. Menjadi lebih rendah hati. Orang yang sedih bisa lebih logis dan rendah hati. Ia tak lagi terlalu mementingkan dirinya sendiri dan lebih peduli pada orang lain.

Kalau kamu merasa sedih, jangan keburu dihilangkan atau ditekan perasan itu, Ladies. Rasakan saja emosinya. Biarkan mengalir dalam dirimu.

Saat kita sudah bisa menerima emosi kita, baik positif maupun negatif, maka hidup kita akan terasa lebih baik. Setuju?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading