Sukses

Beauty

Bernyanyi, Cara Menyenangkan Cegah Pikun Saat Kamu Sudah Tua

Usia tua tidak jadi kendala untuk tetap sehat, baik fisik maupun pikiran. Biasanya, banyak orang tua mengalami penurunan kemampuan fisik, dan hal ini sudah pasti akan terjadi. Tapi jika penuaan pikiran, setiap orang bisa menghambatnya dan bahkan bisa mempertahankan atau meningkatkan kemampuan otaknya meski sudah tua.

Salah satu caranya adalah dengan bernyanyi. Bernyanyi mungkin jadi hal yang terdengar sepele, dan mungkin banyak orang malu untuk bernyanyi karena berbagai alasan. Tapi ternyata bernyanyi jadi salah cara terbaik melepaskan stres dan menghibur diri sendiri. Dikutip dari health.com,sebuah penelitian menunjukkan bahwa bernyanyi bisa meningkatkan fungsi otak dan mood seseorang dengan gejala demensia (pikun) ringan sehingga penurunan kemampuan otak bisa diperlambat.

Itu juga alasan mengapa ada terapi 'berteriak sekencangnya' saat kamu sedang kesal, kecewa atau marah. Hal ini tidak lain bertujuan untuk meluapkan emosi yang kamu rasakan. Karena dengan mengeluarkan apa yang kamu rasakan dengan cara bersuara bisa membuatmu lebih lega dan ringan.

Dalam penelitian tersebut, ada 89 orang peserta dengan pikun ringan hingga sedang yang diteliti. Selama 10 minggu, mereka dibiasakan melakukan aktivitas bernyanyi, mendengarkan lagu dan menerima perawatan standar untuk melawan pikun. Mereka yang termasuk dalam kelompok "bernyanyi" ternyata menunjukkan peningkatan kemampuan mengingat dan kemampuan berpikir.

Para peneliti berkata bahwa baik bernyanyi maupun mendengarkan musik membantu menurunkan depresi pada pasien, terutama mereka dengan gejala ringan Alzheimer's. Baik mereka pernah memainkan musik atau bekerja di bidang musik atau tidak, pengaruh musik tetap sama pada setiap orang.

Bernyanyi dan mendengarkan musik jadi alternatif pengobatan ringan yang mudah dilakukan namun efektif mencegah penurunan kemampuan otak. Kegiatan menghibur ini bisa menstimulasi kemampuan kognitif, emosional dan sosial orang lanjut usia.

 

Tak perlu harus punya suara bagus atau jadi penyanyi untuk bisa bernyanyi. Setiap orang punya kebebasan untuk bernyanyi, apalagi ini adalah cara yang sangat bagus menghibur diri sendiri dan melepaskan stres. Jadi, siapa bilang semua orang tua akan pikun saat tua? Kamu bisa membiasakan diri bernyanyi mulai sekarang.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading