Sukses

Beauty

5 Kebiasaan Buruk Penyebab Gagal Ginjal

Ginjal adalah organ vital yang bertugas menyaring darah dari zat sisa dan berbagai kandungan yang berlebihan di dalam tubuh. Ginjal menjaga kestabilan kadar darah dalam tubuh dan yang paling penting adalah menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan dalam tubuh.

Dari ginjal lah kamu bisa mengeluarkan urin. Namun terkadang banyak orang punya kebiasaan buruk yang justru bisa merusak ginjal, seperti kebiasaan berikut ini.

    Menahan kencing

    Kebiasaan menahan buang air kecil bisa memperburuk saluran kemih dan memberi tekanan pada ginjal dan bisa memicu gagal ginjal.

    Sering makan makanan asin

    Kebanyakan garam dalam tubuh bisa membuat darah lebih kental dari seharusnya. Mengonsumsi terlalu banyak garam atau sodium bisa memicu tekanan darah tinggi dan hal ini bisa menekan ginjal karena ginjal akan bekerja lebih berat dari biasanya menyaring darah.

    Terlalu banyak minum kopi dan soft drink

    Kopi dan soft drink mengandung banyak kafein yang bisa merusak ginjal. Bahan-bahan dalam minuman ini bisa menyulitkan ginjal dalam menyaring darah dan bisa memberi tekanan berlebih pada ginjal.

    Tidak cukup tidur

    Terlalu sering begadang juga bahaya untuk ginjal, karena saat tidur justru jadi waktu regenerasi jaringan dalam ginjal. Kurang tidur akan menyebabkan ginjal bekerja kurang optimal dan dalam jangka waktu lama akan menyebabkan gagal ginjal.

    Tidak minum air putih

    Kurang minum air putih juga bisa menyebabkan tubuh kurang cairan, dan darah mengental sehingga ginjal bekerja lebih keras menyaring darah. Kurang minum air putih bisa membuat tubuh tidak tuntas mengeluarkan zat sisa dalam tubuh sehingga tubuh menumpuk racun dalam darah yang perlahan akan merusak tubuh dan ginjal itu sendiri.

Penelitian menemukan bahwa vitamin B6 dan magnesium sangat penting untuk ginjal karena mencegah terbentuknya batu ginjal. Jadi bukan hanya perlu menghindari kebiasaan di atas, kamu juga perlu banyak makan makanan kaya vitamin B6 seperti telur, susu, ubi, kentang dan sayuran mengandung pati lainnya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading