Sukses

Beauty

Nyeri Haid Sampai Batuk Tuntas, Thanks To Jahe yang Hangat

Jahe merupakan salah satu rempah yang memiliki sensasi hangat yang mampu membuat perut maupun tenggorokan terasa nyaman.  Seperti disebutkan dalam laman greatist.com, jahe memiliki berbagai kandungan yang berkhasiat untuk kesehatan.

Gingerol, zat yang memberikan rasa hangat pada jahe ternyata memiliki senyawa anti inflamasi dan antioksidan. Sehingga, tak mengherankan jika jahe banyak digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menyembuhkan berbagai jenis gangguan kesehatan. Mulai gangguan perut berupa mual-mual, nyeri haid sampai batuk bisa tuntas dengan mengonsumsi jahe yang hangat. Nggak percaya? Yuk simak ulasan selengkapnya.

  • Mengurangi Sakit karena Menstruasi. Salah satu khasiat jahe adalah mengurangi rasa sakit, termasuk nyeri saat menstruasi. Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi 1 gram bubuk jahe setiap hari, dalam tiga hari pertama menstruasi bisa mengurangi rasa sakit sama efektifnya dengan meminum obat-obatan penghilang rasa sakit.
  • Meredakan Mual. Jahe telah lama dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi mabuk perjalanan selama bertahun-tahun karena khasiatnya yang mampu meredakan mual. Untuk mengatasi mual dan muntah dengan jahe, Anda bisa mengunyah satu ruas jahe, atau bisa juga mencampurkannya dalam secangkir teh. Jika kedua cara tersebut tidak sempat atau terlalu repot untuk dilakukan, Anda cukup mengonsumsi permen jahe.
  • Mengatasi Masalah Pencernaan. Jahe mengandung zat phenolic yang membantu mencegah iritasi saluran pencernaan, meningkatkan nafsu makan, menstimulasi produksi cairan empedu dan air ludah, mengurangi perut kembung serta mengatur pergerakan makanan melalui saluran pencernaan. Singkatnya, jahe sangat efektif sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai keluhan pada sistem pencernaan Anda.
  • Meringankan Batuk dan Pilek. Memiliki sifat alami diaphoretic, membuat jahe efektif menghangatkan tubuh dari dalam dan memicu keluarnya keringat. Hal ini akan secara otomatis membantu meringankan batuk serta pilek. Mengonsumsi jahe juga membantu Anda melegakan napas dan tenggorokan sehingga baik untuk mengatasi gangguan sinus.

Nah, menakjubkan bukan manfaat yang bisa kita dapatkan dari seruas jahe? So, jika sakit, jangan sedikit-sedikit minum obat, selagi bisa diobati dengan obat-obatan alami seperti jahe ini, kenapa tidak? Semoga bermanfaat!

(vem/ama)
What's On Fimela
Loading