Sukses

Beauty

Begini Caranya Memangkas, Lalu Mempertahankan Berat Badan Ideal

Bolak-balik melihat timbangan tidak hanya membuat Anda stres, tapi tujuan menurunkan berat badan pun akan sulit tercapai. Anda pun jadi tidak menikmati usaha penurunan berat badan yang Anda lakukan.

Bila Anda sulit melakukan perubahan besar untuk usaha diet Anda, lakukan dari hal-hal kecil. Perubahan kecil, asal dilaksanakan dengan konsisten akan memberi hasil yang besar dan permanen.

Alih-alih berfokus pada angka, lebih baik konsentrasikan diri Anda pada perubahan pola hidup sehat yaitu gaya hidup aktif dan pola makan sehat  dan seimbang, kurangi kadar stres agar tidak ada dorongan untuk makan berlebih. Praktikkan perubahan kecil, sedikit demi sedikit perubahan kecil dalam keseharian Anda, misalnya:

  1. Tambahkan waktu sebanyak dua kali perminggu ke dalam waktu olahraga Anda. Entah Anda berolahraga selama 10 atau 30 menit setiap hari, menambahkan waktu selama dua menit perminggu tidak akan menyusahkan Anda. Ini adalah cara realistis untuk menambah waktu olahraga menjadi 30-60 menit perhari.
  2. Pangkas tiga makanan tidak sehat dari pola makan harian Anda; gula, soda, dan lemak trans. Ketiganya dapat menyumbat pembuluh darah, meningkatkan risiko penyakit diabetes dan kardiovaskular selain tentu saja menambah berat badan Anda. Ganti dengan teh, air putih, air putih campur buah segar atau infused water, atau yogurt dan jus buah segar tanpa gula. Caritahu hal apa yang membuat Anda ingin makan berlebihan atau makan/minum yang manis-manis. Setelah tahu pemicunya, hindari sedapat mungkin.
  3. Temukan hal apa saja yang bisa membuat Anda bahagia. Apakah menghabiskan akhir minggu dengan keluarga, mengobrol bersama teman, berpetualang dengan kekasih, mencapai prestasi di tempat kerja, atau mungkin membaca buku sendiri di tempat yang sunyi. Selalu luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang membahagiakan agar hidup Anda tidak melulu stres. Pasalnya stres dapat mendorong keinginan untuk makan berlebihan.
  4. Hentikan kebiasaan minum minuman dalam kemasan terutama yang sarat pemanis. Mengurangi satu kaleng minuman bersoda dan menggantinya dengan air putih, berarti mengurangi sekurangnya 250 kalori dalam satu hari.

Nah, itulah beberapa kebiasaan sederhana yang bisa mulai Anda lakukan untuk memangkas berat badan Anda dan mempertahankannya setelahnya. Semoga bermanfaat.

Artikel ini ditinjau oleh :  dr. Nina Amelia Gunawan

Sumber : Meetdoctor.com

 

(vem/meetdoctor/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading