Sukses

Beauty

Ini Lho, Minyak Aromaterapi yang Efektif Meredakan Stres

Tinggal di era yang serba dinamis dan bergerak dengan cepat membuat orang rentan terkena stres. Entah itu karena masalah pekerjaan, urusan rumah tangga hingga harus menghadapi kemacetan serta polusi setiap harinya.

Liburan menjadi salah satu cara untuk merelaksasi pikiran, namun tak semua orang punya waktu maupun biaya untuk pergi liburan setiap minggunya. Sebagai gantinya ada satu solusi yang cukup mudah dilakukan, tanpa perlu menghabiskan banyak uang dan tidak perlu juga keluar rumah, yaitu dengan menggunakan minyak aromaterapi.

Disebutkan dalam laman www.femalefirst.co.uk, dari berbagai jenis aromaterapi, berikut tiga minyak esensial yang diketahui efektif membuat pikiran lebih relaks, menghilangkan rasa jenuh sekaligus meredakan stres. Yuk, simak,

  • Lavender. Minyak yang berasal dari ekstrak bunga berwarna ungu ini merupakan salah satu minyak esensial yang paling populer, baik karena fungsi penyembuhnya maupun relaksasi. Pijat dengan minyak lavender akan menenangkan otot-otot dan membantu tidur lebih nyenyak, sehingga banyak aromaterapis yang menyarankan penggunaan minyak ini untuk mengatasi insomnia. Selain itu lavender juga berkhasiat sebagai antiseptik, antidepresan, anti peradangan, deodoran dan 'obat' penenang.
  • Bergamot. Bergamot merupakan minyak esensial beraroma citrus yang diekstrak dari pohon Citrus Bergamia, tanaman yang tumbuh di Asia Tenggara. Minyak esensial ini banyak digunakan untuk mengatasi stres, depresi, gelisah hingga infeksi kulit seperti psoriasis dan eczema. Bergamot juga banyak digunakan sebagai aromaterapi untuk menyehatkan liver, meningkatkan fungsi pencernaan dan menyamankan saat merasa tidak enak badan.
  • Rosemary. Minyak rosemary berkhasiat sebagai antidepresan dan membuat fungsi otak lebih aktif. Minyak ini juga bekerja sebagai analgesik yang meredakan rasa sakit, otot kram, sakit kepala dan migrain. Sebagai antiseptik, rosemary bisa mengatasi infeksi ringan pada liver maupun sistem pencernaan.


Nah, itulah 3 aroma minyak aromaterapi yang bisa membantu meredakan stres. Tapi, penting untuk diingat bahwa penggunaan minyak esensial, apa pun jenisnya perlu diperhatikan. Minyak esensial atau aromaterapi mengandung konsentrat yang cukup tinggi dari tanaman, maka pemakaiannya pun tidak boleh berlebihan karena bisa menimbulkan iritasi. Semoga bermanfaat!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading