Sukses

Beauty

Sering Susah Tidur? Kekurangan Makanan Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Sering susah tidur di malam hari? Coba perhatikan kebiasaan makanmu, atau makanan yang kamu konsumsi di siang hari. Pasalnya, sebuah hasil penelitian dari University of Pennsylvania mengungkapkan bahwa asupan nutrisi tertentu bisa berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang; baik itu meningkatkan maupun mengurangi.

Berdasarkan data dari National Health and Nutrition Examination yang telah dianalisa oleh para peneliti University of Pennsylvania, kesulitan tidur berkaitan erat dengan jumlah asupan kalori, kurangnya mineral seperti selenium, kalsium dan dodecanoic acid. Diet yang kurang bervariasi dan tinggi garam juga disinyalir menjadi penyebab mengapa kamu  tetap terjaga di tengah malam.

So, nutrisi apa saja yang harus dicukupi  kebutuhan hariannya agar tidur jadi lebih nyenyak dan berkualitas? berikut rekomendasi dari USDA Nutrient Database, yang telah dirangkum dari laman www.huffingtonpost.co.uk.

 

  • Lycopene. Lycopene merupakan jenis antioksidan yang banyak terdapat dalam buah dan sayur, khususnya yang berwarna merah dan oranye. Sumber lycopene bisa didapatkan dari jambu biji merah, semangka, tomat yang dimasak, pepaya, cabai merah dan kol ungu.
  • Folat. Memiliki mama lain vitamin B9, folat penting untuk menjaga fungsi tubuh agar bekerja dengan semestinya, termasuk siklus tidur yang teratur. Folat banyak terdapat dalam kacang-kacangan, asparagus, alpukat, bayam, brokoli dan sayuran berdaun hijau lainnya.
  • Fosfor. Mineral ini penting untuk mengatur metabolisme tubuh, penggunaan energi dan perbaikan sel-sel tubuh. Metabolisme dan perbaikan sel tubuh yang baik akan bermanfaat menjaga siklus tidur yang teratur. Dapatkan kecukupan fosfor dalam tubuhmu dari biji labu kuning, keju, ikan-ikanan, kacang brasil, daging tanpa lemak, susu rendah lemak dan tahu.
  • Vitamin C. Vitamin C penting untuk memperbaharui dan memperbaiki jaringan sel yang rusak serta meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi. Seperti diketahui, kekurangan zat besi bisa menyebabkan kesulitan tidur bahkan insomnia. Hampir semua buah dan sayur mengandung vitamin C, namun sumber terbaiknya berasal dari paprika merah, jambu biji merah, kiwi, buah beri, buah citrus dan tomat.
  • Vitamin D. Vitamin D diperlukan untuk proses penyerapan mineral, melindungi tulang dan menjaga stabilitas ritme sirkadian (siklus 24 jam dalam proses fisiologis makhluk hidup). Sinar matahari pagi adalah sumber vitamin D terbaik, tapi kamu bisa juga mendapatkannya dari ikan laut dalam, jamur, tahu dan telur.

Nah, itulah beberapa nutrisi yang tubuhmu butuhkan agar bisa tidur lebih nyenyak. So, pastikan untuk mencukupi nutrisi ini dan bersiaplah untuk tidur lebih nyenyak malam ini ya, Ladies.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading